Yani, Muhammad (2024) Pengambilan Keputusan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplanan Siswa di MA Darul Huda Mayak Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
Text
TESIS. M. YANI.docx Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kedisiplinan siswa di sekolah, di mana pelanggaran-pelanggaran yang terjadi sudah dianggap biasa dan untuk memperbaiki keadaan yang demikian diperlukan kerja keras dari berbagai pihak untuk mengubahnya, terutama peran manajerial Kepala Sekolah dalam mengambil keputusan yang tepat terhadap masalah kedisiplinan siswa, sehingga terciptalah lingkungan sekolah yang kondusif sebagaimana yang dilakukan oleh Kepala Madrasah MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis, (1). Proses pengambilan keputusan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.(2). Implementasi keputusan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. (3). Implikasi keputusan Kepala Madrasah terhadap peningkatan kedisiplinan siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data mengunakan teori Miles dan Huberman Saldana, yaitu, kondensasi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini: (1) Proses pengambilan keputusan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA Darul Huda Mayak Ponorogo dengan melalui proses pengontrolan, menemukan masalah, mencari penyebab masalah, memusyawarahkan, mencari beberapa solusi, memilih salah satu solusi yang efektif, dan selanjutnya meminta pertimbangan pengasuh pondok. 2) Implementasi keputusan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA Darul Huda Mayak Ponorogo yaitu diterbitkannya aplikasi dan kartu AKSI yang berfungsi sebagai kartu kendali terhadap tindak kedisiplinan peserta didik yang di dalamnya terdapat jumlah skor 10-100 beserta bentuk pelanggarannya. Sedangkan untuk menegakkan kedisiplinan Kepala Madrasah melibatkan stakeholder, guru wali kelas, guru mapel, dan OSIS dalam menegakkan tata tertib siswa. Adapun faktor dari pendukung aplikasi kartu AKSI adalah tata tertib siswa sedangkan faktor penghambatnya ialah guru belum sepenuhnya menggunakan aplikasi kartu AKSI sebagai penyekoran terutama guru yang tua. Adapun faktor pendukung dari penegakan kedisiplinan adalah didukung oleh stakeholder, BP, OSIS, guru wali kelas dan guru mapel guna menegakkan tata tertib siswa atau madrasah. Sedangkan penghambatnya kurang konsisten dan kompak terhadap penegakan tata tertib siswa dan kurang tegasnya dari OSIS dalam menjalankan tugasnya. (3) Implikasi hasil keputusan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA Darul Huda Mayak Ponorogo. Dampak yang ditimbulkan dengan adanya aplikasi kartu AKSI terpantau aktifitasnya di dalam maupun di luar madrasah, siswa lebih menghormati waktu, dan siswa lebih tertib dalam menjalankan tata tertib siswa maupun aturan-aturan madrasah. Sedangkan dampak dari penegakkan kedisiplinan yaitu siswa tidak terlambat masuk ke kelas, memakai seragam lengkap, berkelakuan baik, patuh terhadap guru dan patuh terhadap aturan madrasah.
Kata Kunci : pengambilan keputusan, kepala sekolah, kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nur Kolis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 01:42 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 01:42 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31906 |
Actions (login required)
View Item |