Hasanah, Umi Lailatul (2024) Strategi Pengelolaan Program Tahfidzul QUr'an di SMPN 2 Slahung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 206200169 UMI LAILATUL HASANAH.pdf Download (49MB) | Preview |
Abstract
Hasanah, Umi Lailatul. 2024. Strategi Pengelolaan Program Tahfidzul Qur’an di SMPN 2 Slahung. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi, pengelolaan, pelaksanaan, faktor-faktor, program Tahfidzul Qur’an
Program Tahfidzul Qur’an ini merupakan salah satu program unggulan dan merupakan program ekstrakurikuler yang diikuti oleh siswa yang beragama Islam di SMPN 2 Slahung. Melalui program Tahfidzul Qur’an ini diharapkan dapat menambah wawasan peserta didik mengenai agama Islam serta kecintaan mereka pada Al-Quran dan juga dapat meningkatkan bacaan Al-Quran peserta didik sesuai dengan tajwid. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya ditemui permasalahan yaitu sebagian peserta program yang tidak mampu menyelesaikan dan menyetorkan hafalan Al-Quran sesuai dengan target hafalan yang telah ditentukan. Sejalan dengan kesibukan peserta program Tahfidz sebagai peserta didik.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: 1). Menganalisis strategi pengelolaan program Tahfidzul Qur’an di SMPN 2 Slahung, 2). Menganalisis pelaksanaan pengelolaan program Tahfidzul Qur’an di SMPN 2 Slahung, 3). Menganalisis faktor pendukung dan penghambat pengelolaan program Tahfidzul Qur’an di SMPN 2 Slahung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teorinya Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan (1) strategi dalam mengelola program Tahfidzul Qur’an di SMPN 2 Slahung yaitu melakukan pembagian peserta didik sesuai dengan kemampuan, menjalin komunikasi secara dua arah antara guru pembimbing dan pihak wali murid peserta Tahfidzul Qur’an, dan memberikan reward kepada mereka yang berprestasi. (2) Pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an dilakukan melalui: a). Perencanaan: Melakukan musyawarah dengan seluruh pihak pengelola program, menyusun kurikulum dan penetapan tujuan program yang mengacu pada PERBUP No. 11 Tahun 2021. b). Pengorganisasian: Melakukan pembagian rombongan belajar peserta, melakukan penjadwalan waktu setoran dan memberikan tugas serta tanggung jawab kepada guru pembimbing. c). Pelaksanaan: Melalui program harian berupa murojaah dan setoran secara rutin setelah ba’da Dhuhur, program mingguan berupa setoran seminggu sekali melalui video call. Namun untuk program bulanan mabit belum terlaksana dengan baik. d). Pengendalian: Melakukan pemantauan melalui buku setoran dan diwisudakan jika telah menyelesaikan hafalan juz 30 sesuai dengan tajwid. (3) Faktor pendukung seperti adanya dukungan dana operasional, adanya guru pembimbing yang sudah profesional, lingkungan sekolah yang baik, adanya indikator kriteria keberhasilan peserta mumtaz serta peraturan program yang baku dan tegas. Sedangkan faktor penghambatnya yakni padatnya materi yang harus dihafal peserta, jadwal setoran peserta berbenturan dengan jadwal pelajaran sekolah, penggunaan handphone yang kurang bijak dan kurang lengkapnya sarana dan prasarana yang tersedia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umar Sidiq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 28 May 2024 01:45 |
Last Modified: | 28 May 2024 01:45 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27830 |
Actions (login required)
View Item |