Pengaruh Minat Membaca Peserta Didik Terhadap Intensitas Berkunjung ke Perpustakaan MI Islamiyah Jatisari, Lengkong, Nganjuk

Wulandari, Putri (2023) Pengaruh Minat Membaca Peserta Didik Terhadap Intensitas Berkunjung ke Perpustakaan MI Islamiyah Jatisari, Lengkong, Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190172_Putri Wulandari_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Putri. 2023. Pengaruh Minat Membaca Peserta Didik Terhadap
Intensitas Berkunjung Ke Perpustakaan MI Islmaiyah Jatisari, Lengkong,
Nganjuk 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK).
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Yuentie
Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci : Minat Membaca, Intensitas Berkunjung ke Perpustakaan
Minat membaca memiliki peran yang penting dalam kegiatan membaca.
Minat membaca tidak hanya timbul dengan sendirinya, akan tetapi ada beberapa
faktor yang mempengaruhinya. Faktor yang mempengaruhi minat membaca
berasal dari faktor luar dan dalam diri seseorang. Intensitas berkunjung ke
perpustakaan tidak hanya dipengaruhi oleh minat membaca, akan tetapi juga
pengelolaan perpustakaan tersebut. Tujuan perpustakaan sekolah di antarannya
untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik, meningkatkan minat membaca,
meningkatkan berpikir peserta didik secara kritis dan masih banyak lagi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis minat membaca peserata
didik di MI Islamiyah Jatisari, Lengkong, Nganjuk; (2) menjelaskan intensitas
berkunjung ke perpustakaan di MI Islamiyah Jatisari, Lengkong, Nganjuk; (3)
menganalisis pengaruh minat membaca peserta didik terhadap intensitas
berkunjung ke perpustakaan MI Islamiyah Jatisari, Lengkong, Nganjuk.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei yang
menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua peserta didik di MI Islamiyah Jatisari, Lengkong,
Nganjuk sebanyak 206 peserta didik dan yang digunakan sebagai sampel adalah
kelas V A, V B, VI A dan VI B. Dengan demikian seluruh sampelnya berjumlah
64 responden. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam
pengambilan data.
Berdasarkan analisis data hasil minat membaca peserta didik di MI
Islamiyah Jatisari, Lengkong, Nganjuk, tahun ajaran 2023/2024, yaitu sebesar
33,67 yang didapatkan dari hasil rata-rata atau mean uji One Way Anova pada
program SPSS 23.0 For Windows, dan hasil intensitas berkunjung ke
perpustakaan MI Islamiyah, Jatisari, Lengkong, Nganjuk, tahun ajaran 2023/2024,
yaitu sebesar 32,89 yang didapatkan dari hasil rata-rata atau mean uji One Way
Anova pada program SPSS 23.0 For Windows dan diperoleh hasil bahwa tidak
terdapat pengaruh yang signifikan antara minat membaca (X) terhadap intensitas
berkunjung ke perpustakaan (Y) di MI Islamiyah Jatisari, Lengkong, Nganjuk
2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai Sig.nya (P-value) sebesar (0,418)
> α (0,05), maka diterima H₀₁ dan Hₐ₁ ditolak. Diketahui bahwa minat membaca
hanya berpengaruh sebesar 11% terhadap intensitas berkunjung ke perpustakaan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:17
Last Modified: 16 Jun 2023 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24737

Actions (login required)

View Item View Item