Muyasaroh, Anni (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UBAH FILE KE PDF DAN UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) enerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Life Skill Qiraah di MI Raudlatul Muallimin Setemon Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
Text
SKRIPSI ANNI MUYASAROH.docx Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Muyasaroh, Anni. 2020. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Life Skill Qiraah di MI Raudlatul Muallimin Setemon Kebonsari Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Jamaluddin Shiddiq, M.Pd
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Life Skill Qiraah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena karakter anak yang tidak sejalan dengan tujuan pendidikan. Lemahnya karakter anak terjadi karena kurangnya kedisiplinan anak dan perhatian orang tua serta semakin masifnya perkembangan teknologi. Untuk itu pendidikan karakter menjadi sangat diperlukan dalam pendidikan terutama saat pembelajaran. Salah satunya melalui kegiatan tambahan yang berguna bagi peserta didik seperti life skill qiraah. Karena setelah dilakukan observasi, life skiil qiraah terdapat nilai karakter yang cukup kuat diajarkan yaitu kedisiplinan. Berangkat dari hal ini penulis tertarik untuk mengangkat judul “Penerapan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Life skill qiraah di MI Raudlatul Muallimin Setemon Kebonsari Madiun”.
Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Mengetahui bagaimana proses penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan life skill qiraah di MI Raudlatul Muallimin Setemon Kebonsari Madiun. (2) Mengetahui bagaimana dampak kegiatan life skill qiraah di MI Raudlatul Muallimin Setemon Kebonsari Madiun. (3) Mengetahui nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dari kegiatan life skill qiraah di MI Raudlatul Muallimin Setemon Kebonsari Madiun.
Metode penelitin yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data ini diambil dengan teknik wawancara, observasi dan dokmentasi. Adapun teknik analisis datanya ini menggunakan langkah-langkah Milles Huberman, yaitu tahab reduksi data, penyajian data dan kesimpulan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan life skill qiraah di MI Raudlatul Muallimin Setemon Kebonsari Madiun yaitu kegiatan ini untuk memfasilitasi siswa yang memperdalam qiraah. Dari kegiatan ini siswa diharapkan dapat memiliki bekal saat terjun di masyarakat. (2) Pembentukan karakter diri siswa memiliki dampak yaitu siswa sambil belajar membaca al-Qur’an dengan baik serta mengetahui maknanya dari terjemahannya. (3) Nilai pendidikan karakter dari kegitan life skill qiraah di MI Raudlatul Muallimin Setemon Kebonsari Madiun adalah: Religius, Kedisiplinan, Kerja Keras.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 02:52 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 02:53 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11895 |
Actions (login required)
View Item |