Pengaruh Sertifikasi Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Kinerja Guru RA/BA Di Kabupaten Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Nusa, Popila Rikma (2020) Pengaruh Sertifikasi Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Kinerja Guru RA/BA Di Kabupaten Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Popila skripsi 2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rikma Nusa, Popila. 2020. Pengaruh Sertifikasi dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Kinerja Guru RA di Kabupaten Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pembimbing Edi Irawan, M.Pd.

Kata Kunci: Sertifikasi, Latar Belakang Pendidikan, dan Kinerja Guru RA

Kinerja guru di sekolah sangat dipengaruhi oleh sertifikasi, lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, kepemimpinan, kualifikasi akademik pendidik, dan latar belakang pendidikan guru. Lemahnya kinerja guru dalam memanajemen pendidikan tersebut akan berdampak pada mutu pendidikan pada sekolah menjadi kurang optimal, dan juga tak luput mempengaruhi kualitas SDM yang kurang mampu bersaing pada jenjang pendidikan selanjutnya. Hal ini menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam proses belajar anak dan hasil belajar anak merupakan cerminan dari kualitas kinerja guru. Rendahnya profesionalitas guru, kurangnya fasilitas pendidikan, dan tidak sesuainya latar belakang pendidikan guru menjadi masalah yang muncul saat ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui apakah sertifikasi berpengaruh terhadap kinerja guru RA; 2) Mengetahui apakah latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap kinerja guru RA; 3) Mengetahui apakah ada interaksi antara sertifikasi dan latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru RA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan kausal komparatif. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang diambil adalah 101 guru RA yang berada di Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kinerja guru RA. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji ANOVA dua jalan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara status sertifikasi terhadap kinerja guru RA di Kabupaten Ponorogo. Kinerja guru RA dengan status sudah bersertifikasi lebik baik daripada kinerja guru RA yang berstatus belum bersertifikasi. Hal itu dapat dilihat bahwa rata-rata(mean) kinerja guru dengan status sudah bersertifikasi lebih tinggi daripada kinerja guru yang berstatus belum bersertifikasi; 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara status latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru RA di Kabupaten Ponorogo; 3) Tidak ada interaksi antara sertifikasi dan latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru RA di Kabupaten Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 02:45
Last Modified: 08 Jun 2020 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9942

Actions (login required)

View Item View Item