Pratiwi, Intan (2020) Internalisasi Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Di MTs Ma'arif Mojopurno Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
INTAN PRATIWI_210316331.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pratiwi, Intan. 2020. Internalisasi Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Di MTs Ma’arif Mojopurno Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Internalisasi, Karakter Religius, Metode Pembinaan, Asmaul Husna
Generasi muda adalah orang yang memiliki sejuta kreatifitas, sejuta ide, wawasan yang luas serta tenaga yang kuat sehingga diharapkan dapat memajukan Negara dengan ide-ide dan kreatifitasnya. Namun generasi muda zaman sekarang yang serba mudah dalam mengakses segala hal melalui kecanggihan teknologi, dan dengan pergaulan bebas mengakibatkan merosotnya karakter religius siswa. Sehingga banyak persoalan yang menimpa siswa, seperti tidak sopan terhadap guru, tidak berkata jujur, kurang disiplin, kurang bertanggungjawab. Untuk menangani hal tersebut, MTs Ma’arif Mojopurno Magetan membina para siswanya dengan membiasakan kegiatan kegamaan dari pagi sampai sebelum pulang sekolah. Dengan pembiasaan tersebut diharapkan siswa mampu memiliki sifat seperti asmaul husna.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan metode pembinaan karakter religius siswa di MTs Ma’arif Mojopurno Magetan, (2) menjelaskan pelaksanaan program pembiasaan membaca asmaul husna dalam internalisasi karakter religius siswa MTs Ma’arif Mojopurno Magetan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research, yang dilakukan di MTs Ma’arif Mojopurno Magetan. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data diperoleh dari para informan yang dianggap mengetahui terkait internalisasi karakter religius melalui pembiasaan membaca asmaul husna. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) metode pembinaan karakter religius siswa di MTs Ma’arif Mojopurno Magetan terdapat empat metode yaitu peneladanan, dimana siswa dapat meneladani perilaku bapak ibu guru dengan berpakaian yang sopan, dan bertutur kata yang baik serta selalu disiplin. Pembiasaan, siswa dibiasakan dengan kegiatan keagamaan dari sebelum lonceng masuk berbunyi sampai lonceng pulang berbunyi. Penegakkan aturan, siswa yang melanggar diberikan hukuman. Pemotivasian, siswa diberikan motivasi ketika upacara bendera, dan acara khusus. (2) pelaksanaan pembiasaan membaca asmaul husna dalam upaya internalisasi karakter religius siswa di MTs Ma’arif Mojopurno Magetan berjalan dengan baik. Dengan pembiasaan membaca asmaul husna yang dilakukan setiap hari setelah lonceng berbunyi, berjalan dengan tertib dan hikmat. Dan pembiasaan membaca asmaul husna sudah terinternalisasi terhadap karakter religius siswa. Karakter religius siswa semakin baik, siswa menjadi pribadi yang lebih baik, sabar, dapat bertanggungjawab, rajin ibadahnya, dapat menghormati kepada guru dan orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhibat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 06:55 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 06:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9791 |
Actions (login required)
View Item |