Implementasi Progam Budaya Sekolah Dalam Menanamkan Karakter Religius dan Kedisiplinan Siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo

Saktian, Mu'alimah Laras (2020) Implementasi Progam Budaya Sekolah Dalam Menanamkan Karakter Religius dan Kedisiplinan Siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MU'ALIMAH LARAS SAKTIAN_210316309.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Saktian, Mu’alimah Laras. 2020. Implementasi Progam Budaya Sekolah Dalam Menanamkan Karakter Religius dan Kedisiplinan Siswa Di SMPN 1 Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing, Ali Ba’ul Chusna, M.Si
Kata Kunci: Budaya Sekolah, Karakter Religius, Kedisiplinan
Budaya sekolah yaitu kerangka kerja yang disadari, terdiri dari sikap-sikap, nilai-nilai, norma-norma, perilaku-perilaku, dan harapan-harapan di antara warga sekolah. Ada beberapa nilai-nilai karakter yang ditanamkan di sekolah, salah satunya yaitu karakter religius. Karakter religius mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya. Selain itu, kedisiplinan juga sangat penting ditanamkan di sekolah. Siswa harus taat atau patuh terhadap peraturan dan tata tertib sekolah. Sekolah juga tegas dalam hal apa saja yang harus dilakukan dan hal apa yang tidak boleh dilakukan. Maka dari itu penting sekali siswa memiliki karakter religius dan kedisiplinan. Karakter religius dan kedisilpinan siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo ditanamkan dengan berbagai macam cara, salah satunya melalui budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan progam budaya sekolah di SMPN 1 Siman Ponorogo, (2) mengetahui dampak progam budaya sekolah terhadap karakter religius siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo, (3) mengetahui dampak progam budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi khasus dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan model air Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan analisis data/ kesimpulan.
Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa (1) terdapat 4 penerapan budaya sekolah diantaranya, budaya salaman/berjabat tangan, budaya sholat dhuha, budaya sholat dhuhur berjama’ah, dan budaya baca tulis Al-Qura’an. (2) dampak budaya sekolah terhadap karaker religius siswa (a) siswa lebih tertib dan tepat waktu dalam melaksanakan sholat berjama’ah di masjid (b) siswa dapat mengamalkan sholat sunnah dhuha (c) adanya tartil dan tahfids siswa dapat mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dampak budaya sekolah terhadap kedisipinan siswa (a) disiplin waktu, kedatangan siswa ke sekolah (b) disiplin dalam kegiatan pembelajaran (c) disiplin seragam, siswa harus mengenakan seragam yang rapi dan lengkap (d) disiplin dalam pergi ke masjid, ketika sudah tiba waktu sholat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 06:47
Last Modified: 04 Jun 2020 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9787

Actions (login required)

View Item View Item