Hanifah, Fauzi (2020) Pembelajaran Baca Al-Qur'an Dengan Metode Usmani Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di TPQ Asy-Syatiby Maron Kauman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
UPLOUD 2_FAUZI HANIFAH_210616068.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hanifah, Fauzi,2020. Pembelajaran Baca Al-Qur’an Dengan Metode Usmani Pada Siswa Usia Sekolah Dasar Di TPQ Asy-Syatiby Maron Kauman Pononorogo, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Dr. Hj.Evi Muafiah, M.Ag.
Kata Kunci : Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Usmani, Kemampuan Membaca
Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat dan rahmat bagi alam semesta. Allah menurunkan Al-Qur’an agar dibaca, didengar, diamalkan oleh manusia, dan menjadi penawar serta ketenangan bagi hati mereka. Sebagai Umat Islam diharapkan selalu berupaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dalam rangka peningkatan dan penghayatan serta pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang ini banyak metode pembelajaran Al-Qur’an yang muncul untuk menjawab tantangan yang dihadapi anak yang diharapkan dapat mempermudah belajar membaca Al-Qur’an yang baik dan benar yang sesuai dengan kaidah Ilmu Tajwid. Seperti yang diterapkan di TPQ Asy-Syatiby yang merupakan lembaga non formal yang membantu anak dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Usmani. Terbitnya Metode Usmani merupakan kelanjutan impian Ulama Salaf untuk meningkatkan kualitas baca Al-Qur'an. Beberapa kelebihan dari Metode Usmani adalah sebelum pembelajaran dimulai dengan bertawasul, menggunakan Rosm Usmani terorganisir selalu dipantau dan diawasi dari kordinator cabang (Korcab). Penekanan makhorijul huruf yang begitu ketat, dalam pembelajaran baca Al-Qur’an disetiap jilid langsung menerapkan tartil dengan lagu Usmani. Sebelum mengajar guru ditashih terlebih dulu oleh ahli Al-Qur’an
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1)pelaksanaan tahapan pembelajaran baca Al-Qur’an dengan Metode Usmani (2) pelaksanaan prinsip dasar bagi guru dalam pembelajaran baca Al-Qur’an dengan Metode Usmani (3) hasil kemampuan dari penerapan metode usmani dalam pembelajaran baca Al-Qur’an pada siswa usia sekolah dasar di TPQ Asy-Syathibi Maron Kauman Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa :1) Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam proses pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Asy-Syatiby yaitu pembukaan, appersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, ketrampilan, penutup. Kegiatan yang dilakukan di dalam tahapan tersebut meliputi salam, mengirimkan Fatihah, doa awal pembukaan, mengusahakan murid tenang, mengulang materi, menerangkan materi, mengupayakan murid memahami materi, latihan membaca berkelompok, latihan individu, pemberian pesan moral pada murid, doa penutup serta salam. Namun dalam pelaksanaan tahapan tersebut tetap ada cara tersendiri dalam mengembangkan semua tahapan yang sesuai dengan situasi dan kondisi. 2) Pelaksanan prinsip dasar guru Al-Qur’an di TPQ Asy-Syatiby Maron, Kauman, Ponorogo ini dengan menggunakan prinsip tidak menuntun, teliti, waspada serta tegas. Ustadzah tidak pernah menuntun anak-anak ketika membaca. Selain itu Ustadzah selalu meneliti, tegas dan waspada terhadap bacaannya sendiri, memberi contoh, menyimak bacaan dan memberikan penilain terhadap anak. Selain itu ustadzah di sana juga memiliki kepribadian ramah, perhatian, sabar dan ulet dalam mengajarkan Al-Qur’an pada anak-anak. 3) Hasil kemampuan membaca Al-Qur’an dalam kategori sangat baik. Ketika anak sudah mulai Al-Qur’an anak sudah mampu menerapkan makhorijul huruf dan kaidah ilmu Tajwid yang benar dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini karena Ustadzah begitu ketat dalam menambah halaman maupn menaikkan jilid. Jika memang belum menguasai maka harus mengulang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Evi Muafiah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 06:46 |
Last Modified: | 15 Jun 2020 02:16 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9784 |
Actions (login required)
View Item |