Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Bimbingan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Ma'arif Gandu Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Ngalimah, Ismawatun (2020) Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Bimbingan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Ma'arif Gandu Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESES_210616107_ISMAWATUN_NGALIMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ngalimah, Ismawatun, 2020.Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Bimbingan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Ma’arif Gandu Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.

Kata Kunci:Pengelolaan kelas, Bimbingan Orang Tua dan Motivasi Belajar

Berdasarkan pengamatan awal,peneliti menemukan rendahnya motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gandu Ponorogo, hal tersebut terlihat ketika dalam proses belajar mengajar ada siswa yang ramai sendiri, kurang minat terhadap mata pelajaran, mengerjakan tugas pelajaran yang lain dan sebagainya.Selain itu, guru hanya fokus pada materi yang akan diajarkan. Pada dasarnya, keberhasilan belajar seorang anak ditentukan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Dengan motivasi, siswa dapat mengembangkan aktivitas, serta dapat memelihara ketekunan dalam belajar. Berhasil atau gagalnya dalam membangkitkan motivasi dalam proses pembelajaran berkaitan dengan pengelolaan kelas yang dilakukan guru. Motivasi belajar tidak hanya dipengaruhi oleh pengelolaan kelas saja, tetapi juga dipengaruhi oleh bimbingan orang tua. Bimbingan orang tua dalam kegiatan belajar anak akan membuat anak lebih bersemangat untuk terus belajar sehingga siswa akan termotivasi untuk belajar dengan giat.
Penelitian ini bertujuan (1) untukmendiskripsikan pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gandu Ponorogo tahun ajaran 2019/2020; (2) Untuk mendiskripsikan pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gandu Ponorogo tahun ajaran 2019/2020; (3) Untuk mendiskripsikan pengaruh pengelolaan kelas dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gandu Ponorogo tahun ajaran 2019/2020.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta dilaksanakan di MI Ma’arif Gandu Ponorogo. Adapun sumber data diperolehdari siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument dalam pengumpulan data. Adapun teknik analisis data utamanya yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 16.0 for windows.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Nilai regresi pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar dengan tabel anova didapatkan sig. sebesar 0,001 dan Fhitung sebesar 15,066. Dari hasil tersebut artinya didapatkan taraf signifikansi 0,000<0,005 dan Fhitung (15,066)>Ftabel (4,8). Jadi Ho ditolak, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gandu Ponorogo; (2) Nilai regresi bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar dengan tabel anova didapatkan sig. sebesar 0,000 dan Fhitung sebesar 25,703. Dari hasil tersebut artinya didapatkan taraf signifikansi 0,000<0,005 dan Fhitung (25,703)>Ftabel (4,8). Jadi Ho ditolak, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gandu Ponorogo; (3) Nilai regresi pengelolaan kelas dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar dengan tabel anova didapatkan sig. sebesar 0,000 dan Fhitung sebesar 19.972. Dari hasil tersebut artinya didapatkan taraf signifikansi 0,000 < 0,005 dan Fhitung (19.972) > Ftabel (3,34). Jadi Ho ditolak, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gandu Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 06:29
Last Modified: 04 Jun 2020 06:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9761

Actions (login required)

View Item View Item