(KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA)..Korelasi Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Tahfidz Juz 'Amma terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur'an Hasist di MTsN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Hidayati, Laila Nur (2020) (KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA)..Korelasi Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Tahfidz Juz 'Amma terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur'an Hasist di MTsN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi LAILA upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah salah satu indikator untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat
memahami materi yang telah disampaikan. Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
siswa yaitu faktor dari luar diri individu seperti lingkungan dan faktor yang ada dalam diri individu
seperti memori dan motivasi. Seperti yang telah disebutkan, salah satu faktor yang mempengaruhi
hasil belajar adalah motivasi belajar. Sedangkan menurut Dr. Adullah Subaih tahfidz Al-Qur‟an
membantu konsentrasi dan menguatkan ingatan. ingatan sendiri disebut memori. Sehingga
kemampuan tahfidz memiliki pengaruh terhadap hasil belajar.
Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1)
Apakah ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa MTsN 1
Ponorogo pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits tahun pelajaran 2019/2020? (2) Apakah ada
korelasi yang signifikan antara kemampuan tahfidz juz ‘amma dengan hasil belajar siswa MTsN 1
Ponorogo pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits tahun pelajaran 2019/2020? (3) Apakah ada
korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan kemampuan tahfidz juz ‘amma secara bersama￾sama dengan hasil belajar siswa MTsN 1 Ponororgo pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits tahun
pelajaran 2019/2020?
Penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Dengan populasi sebanyak 273 siswa, sedangkan
sampel sebanyak 160 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis
yang digunakan oleh peneliti adalah teknik korelasi Product moment dan korelasi ganda. Adapun
teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Adanya korelasi yang signifikan antara motivasi
belajar dengan hasil belajar siswa MTsN 1 Ponorogo pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits tahun
pelajaran 2019/2020 dimana diperoleh nilai rhitung (0,182) > rtabel (0,1543), sehingga H0 ditolak. (2)
Adanya korelasi yang signifikan antara kemampuan tahfidz juz ‘amma dengan hasil belajar siswa
MTsN 1 Ponorogo pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits tahun pelajaran 2019/2020 dimana
diperoleh rhitung (0,270) > rtabel (0,1543), sehingga H0 ditolak. (3) Adanya korelasi yang signifikan
antara motivasi belajar dan kemampuan tahfidz juz ‘amma secara bersama-sama dengan hasil belajar
siswa MTsN 1 Ponorogo pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits tahun pelajaran 2019/2020. Dimana
diperoleh nilai Fhitung (10,605) > Ftabel (3,05), sehingga H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 06:28
Last Modified: 04 Jun 2020 06:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9760

Actions (login required)

View Item View Item