Peran Punishment dalam Menumbuhkan Disiplin dan Motivasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo

Sholichatin, Endang (2020) Peran Punishment dalam Menumbuhkan Disiplin dan Motivasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-210316316-ENDANG SHOLICHATIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sholichatin, Endang. 2020. Peran Punishment dalam Menumbuhkan Disiplin dan Motivasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ali Ba’ul Chusna, M.Si.
Kata Kunci: Punishment, Disiplin, Motivasi, Kegiatan Keagamaan
Kedisiplinan siswa yang kurang dapat menghambat berjalannya suatu kegiatan pendidikan salah satunya dalam kegiatan keagamaan, Sehingga penting Punishment (hukuman) diterapkan untuk mendisiplinkan siswa dan memotivasi untuk selalu rajin dan tertib dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pelaksanaan punishment, implikasi penerapan punishment terhadap disiplin siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan dan implikasi penerapan punishment terhadap motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan punishment di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. (2) Mengetahui implikasi penerapan punishment terhadap disiplin siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. (3) Mengetahui implikasi penerapan punishment terhadap motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif studi kasus, penggumpulan data pada teknik ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian diatas ditemukan bahwa: (1) SMP Negeri 1 Siman Ponorogo selalu menerapkan punishment (hukuman) dalam proses pembelajarannya, bentuk hukumannya sendiri di sesuaikan dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh siswa, hukuman tersebut diberikan oleh guru kepada siswa yang melakukan pelanggaran. (2) Implikasi diterapkannya punishment (hukuman) terhadap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo dalam mengikuti kegiatan keagamaan 85% efektif. (3) Implikasi diterapkannya punishment (hukuman) terhadap motivasi siswa di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo dalam mengikuti kegiatan keagamaan 80% efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 06:17
Last Modified: 04 Jun 2020 06:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9752

Actions (login required)

View Item View Item