Perencanaan Kurikulum Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)Di MAN 2 Ponorogo

Iskandar, Imam (2020) Perencanaan Kurikulum Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)Di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAINPonorogo.

[img]
Preview
Text
imam iskandar etheses.pdf

Download (688kB) | Preview

Abstract

Iskandar, Imam. 2020. Perencanaan Kurikulum Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di MAN 2 Ponorog. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmadi, M.Ag

Kata Kunci: Perencanaan Kurikulum, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
Pendidikan adalah salah satu faktor utama menjadikan manusia sebagai insan yang berkualitas dan inovatif. Salah satu aspek pendidikan adalah pembelajaran, dimulai dari faktor perencanaaan kurikulum yang baik. Oleh karena itu perencanaan kurikulum sangat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan suatu pembelajaran yang bermutu, salah satunya adalah Pembelajaran Agama Islam (PAI), tujuan mengembangkan perencanaan kurikum PAI adalah menginginkan peserta didiknya mempunyai pengetahuan dan keagamaaan yang luas, mencetak peserta didik berkarakter yang baik dan mempunyai kecintaan terhadap kegiatan keagamaan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penyusunan tujuan, materi, dan metode pelaksanaan pembelajaran PAI di MAN 2 Ponorogo, (2) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang pelaksanaan tujuan, materi, dan metode pembelajaran PAI di MAN 2 Ponorogo, (3) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang evaluasi tujuan, materi, dan metode pembelajaran PAI di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan sumber informasi diperoleh dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Guru.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, penelitian ini menghasilkan tiga temuan (1) Perencanaan Penyusunan Tujuan, Materi, dan Metode Pelaksanaan Pembelajaran PAI di MAN 2 Ponorogo menggunakan acuan KI dan KD dari pusat, untuk kemudian dikembangkan secara mandiri oleh guru pengampu pembelajaran PAI. Yang dilakukan oleh para guru PAI di MAN 2, (2) Implementasi Perencanaan Tujuan, Materi, dan Metode Pelaksanaan Pembelajaran PAI di MAN 2 Ponorogo dilakukan dengan workshop atau lokakarya setiap akhir semester genap. Mulai dari Perencanaan, Implementasi, hingga evaluasi dilaksanakan dalam kegiatan ini, (3) Evaluasi Perencanaan Tujuan, Materi, dan Metode Pelaksanaan Pembelajaran PAI di MAN 2 Ponorogo dilakukan oleh Kepala Sekolah. Istilah yang dipakai oleh MAN 2 Ponorogo adalah pembinaan kurikulum, bukan saja pada tataran perencanaan, kepala sekolah juga melakukan pada proses implementasi atau proses belajar mengajar hingga evaluasi akhir kurikulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:53
Last Modified: 04 Jun 2020 04:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9734

Actions (login required)

View Item View Item