Mushoffa, Aziz (2020) (BELUM WATERMARK DAN BELUM ADA "SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI) Manajemen Perencanaan Strategik Dalam Pengembangan Madrasah Literat Di MIN 1 Kota Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Isi_212217003.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti, merupakan dasar penguatan pendidikan karakter melalui pembiasaan. Kegiatan ini ditindak lanjuti menjadi sebuah Gerakan Literasi Nasional (GLN). Selanjutnya Kementerian Agama membranding dengan nama Gerakan Literasi Madrasah (Gelisma) dan menjadi salah satu kegiatan inovasi di lingkungan madrasah. Terdapat madrasah yang mengembangkan kegiatan inovasi di bidang literasi ini menjadi madrasah literat yaitu MIN 1 Kota Madiun. Kegiatan ini menjadi salah satu unggulan dan strategi madrasah dalam membranding lembaganya untuk meningkatkan kualitas dan memuaskan pelanggan pendidikannya. Penelitian ini mengambil tempat di MIN 1 Kota Madiun dengan pertimbangan madrasah tersebut memiliki potensi yang cukup memadai di antaranya : sebagai madrasah yang difavoritkan masyarakat Madiun, peserta didik yang jumlahnya sangat banyak dan direkrut melalui seleksi, memiliki tenaga pendidik berkualitas serta sarana prasarananya sangat mendukung.
Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui dan menganalisis bagaimana perencanaan strategik dalam menganalisis lingkungan internal dan eksternal untuk mengembangkan madrasah literat di MIN 1 Kota Madiun; (2) untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan strategik dalam merumuskan visi dan misi untuk mengembangkan madrasah literat di MIN 1 Kota Madiun; (3) mengetahui dan menganalisis bagaimana perencanaan strategik dalam merumuskan tujuan dan sasaran untuk mengembangkan madrasah literat di MIN 1 Kota Madiun; (4) mengetahui dan menganalisis bagaimana perencanaan strategik program untuk mengembangkan madrasah literat di MIN 1 Kota Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Huberman. Teknik analisis ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini ada 4 manajemen perencanaan strategik dalam mengembangkan madrasah literat di MIN 1 Kota Madiun, yaitu (1) Analisis lingkungan internal meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, kurikulum dan anggaran. Serta analisis lingkungan eskternal terdiri dari lingkungan sosial madrasah dan pihak pemerintah yaitu Kementerian Agama Kota Madiun. (2) Perencanaan strategik dalam merumuskan visi dan misi madrasah yang meliputi musyawarah bersama dengan stakeholders untuk melakukan analisis intuitif berdasarkan pada analisis lingkungan internal dan eskternal serta kebutuhan peserta didik dan masyarakat saat ini dan masa yang akan datang. (3) Perencanaan strategik dalam merumuskan tujuan dan sasaran madrasah untuk mengembangkan madrasah literat meliputi peningkatan kualitas akademik dan non akademik, kegiatan pembelajaran, ketaatan dalam beribadah, membaca Al-Quran dan perilaku Islami dalam kehidupan sehari-hari, peningkatan prestasi dan pelayanan di bidang perpustakaan. (4). Perencanaan program strategik pengembangan madrasah literat berdasarkan tiga komponen pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran yang sudah dituangkan dalam visi, misi, tujuan dan sasaran madrasah.
Kata Kunci : Manajemen Perencanaan Strategik, Madrasah Literat
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mistachul Choiri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 05:20 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 05:20 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9710 |
Actions (login required)
View Item |