Nilai-Nilai Akhlak dalam Kitab Taysīr Al-Khallāq Karangan Hāfizh Hasan Al-Mas’ūdī dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Siswa

Setiawan, Andrik Agus (2020) Nilai-Nilai Akhlak dalam Kitab Taysīr Al-Khallāq Karangan Hāfizh Hasan Al-Mas’ūdī dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANDRIK AGUS SETIAWAN_210315035_PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Agus Setiawan, Andrik. 2020. Nilai-nilai Akhlak dalam kitab Taysīr al-Khallāq
karangan Hāfizh Hasan al-Mas’ūdī dan relevansinya dengan karakter
siswa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Ponorogo.
Pembimbing: Ahmad Nu,man Hakim, M.Pd.I
Kata Kunci : Akhlak, Pendidikan Karakter, Taysīr al-Khallāq.
Taysīr al-Khallāq adalah sebuah kitab panduan akhlak dari al-Mas’ūdī.
Penelitian ini terfokus pada nilai-nilai akhlak dalam kitab Taysīr al-Khallāq. Hal
ini dilatar belakangi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dialami
oleh manusia sekarang ini, tidak sedikit dampak negatifnya terhadap sikap hidup
dan perilakunnya, baik ia sebagai manusia yang beragama, maupun sebagai
mahluk individual dan sosial. Karenanya, perlu adanya kajian mengenai akhlak
yang mampu menanggulangi permasalahan tersebut. Selain itu, dalam penelitain
ini juga akan merelevansikan nilai akhlak dalam kitab Taysīr al-Khallāq dengan
pendidikan karakter.
Penelitian ini merumuskan masalah dan bertujuan hendak mengetahui: (1)
nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Taysīr al-Khallāq al-Mas’ūdī
dan (2) relevansi nilai akhlak yang terdapat dalam kitab Taysīr al-Khallāq alMas’ūdī dengan pendidikan karakter.
Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research).
Penulis berusaha mengkaji nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab
Taysīr al-Khallāq.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan
data literer yakni penggalian bahan-bahan pustaka yang relevan dengan objek
pembahasan yang dimaksud. Adapun pendekatan yang digunakan adalah bersifat
deskriptif, yakni untuk mendeskripsikan atau mengambarkan keadaan obyek
penelitian pada saat sekarang, berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau
sebagaimana adannya. Sedangkan analisa data dalam penelitian ini memakai
analisis isi (content analysis) yaitu suatu metode yang menggunakan teknik
sistematik untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan.
Dari penelitian yang dilakukan, memunculkan hasil sebagai berikut: (1)
nilai-nilai akhlak dalam Taysīr al-Khallāq meliputi aspek Akhlak Mahmudah
yaitu tentang akhlak terpuji yang di dalamnya terdiri atas: bersifat sabar,
keberanian, kejujuran, amanah, dermawan, keadilan, bermoral yang baik. Akhlak
Madzmumah yaitu tentang Akhlak Tercela yang di dalamnya berisi tentang hasad,
iri hati, kesombongan, dusta, riya’, dan merendahkan orang lain. (2) relevansi
nilai akhlak dalam kitab Taysīr al-Khallāq dengan tujuan pendidikan karakter
terdapat beberapa , yaitu: kejujuran, dermawan, bernoral baik, amanah, dan
keadilan. Relevansinya dengan nilai pendidikan karakter, yakni nilai jujur,
bermoral baik, dermawan yang sesuai dengan nilai atau pilar pendidikan karakter,
Murid: mendengar baik-baik ketika gurunya mengajar. Guru: tidak membebani
muridnya dengan segala sesuatu yang mereka belum mengerti. Pembaca: seorang
mau mendengarkan ucapaan orang lain. Peneliti : memahami dan
mengaplikasikan dalam pembeajaran dan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:05
Last Modified: 04 Jun 2020 04:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9666

Actions (login required)

View Item View Item