Mawardini, Intan Dewi (2020) Penerapan Metode Psiko-Edukatif untuk Siswa yang Orang Tua TKW di MIN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
INTAN DEWI (210616089).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Mawardini, Intan Dewi. 2020. Penerapan Model Psiko-Edukatif untuk Siswa dengan Orang Tua TKW di MIN 6 Ponorogo Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd
Kata Kunci: model psiko-edukatif, siswa, orang tua TKW.
Psiko-Edukatif sebagai bagian integral dari pendidikan adalah upaya memfasilitasi dan memandirikan siswa dalam rangka tercapainya perkembangan yang utuh dan optimal. Layanan psiko-edukatif adalah upaya sistematis, objektif, logis, dan berkelanjutan serta terpogram yang dilakukan oleh guru kelas untuk memfasilitasi perkembangan siswa untuk mencapai kemandirian dalam wujud kemampuan memahami, menerima, mengarahkan, mengambil keputusan, dan merealisasikan diri secara bertanggung jawab sehingga mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan dalam kehidupannya. Di MIN 6 Ponorogo, terdapat di temukan banyak problematika dari keluarga TKW. Siswa dari TKW memiliki masalah dalam pergaulannya, juga dengan respon terhadap lingkungan sosial masih kurang. Dalam menangani permasalahan ini Ibu Siti Yuliani, bapak Agus Prayitno dan bapak Irfan menerapkan model psiko-edukatif tersebut dalam mengatasi permasalahan khususnya bagi siswa dari TKW.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan model psiko-edukatif di MIN 6 Ponorogo, (2) kendala apa saja dalam penerapan model Psiko-Edukatif dengan Orang Tua TKW di MIN 6 Ponorogo. Penelitian dilakukan di kelas tinggi yaitu 4, 5 dan 6. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan yang digunakan peneliti ialah studi kasus. Adapun teknik analisisnya menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian Penerapan Model Psiko-Edukatif di MIN 6 Ponorogo sesuai dengan prinsip- prinsip Psiko-Edukatif, Output dari penerapan model Psiko-Edukatif adalah siswa TKW menjadi lebih aktif dan tidak cenderung diam saat pembelajaran berlangsung, untuk hal adsministrasi siswa TKW menjadi lebih tertib. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model ini yaitu dukungan dari lingkungan masyarakat maupun orang tua di rumah masih kurang, karena dua hal tersebut sangat berpengaruh, selain itu kontrol guru hanya sebatas ketika siswa TKW berada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Weni Tria Anugrah Putri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 03:37 |
Last Modified: | 05 Jun 2020 03:02 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9592 |
Actions (login required)
View Item |