Rahmawati, Ryan (2020) Implementasi Kepemimpinan Entrepreneurship Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Siswa (Studi Kasus di SMKN 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Ryan Rahmawati 211216010 .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rahmawati, Ryan. 2020. Implementasi Kepemimpinan Entrepreneurship Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Siswa (Studi Kasus di SMKN 2 Ponorogo) tahun 2019/2020. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Wahid Hariyanto, M.Pd.I
Kata Kunci : Kepemimpinan Entrepreneurship Kepala Sekolah, Mutu Lulusan Siswa
. Kepemimpimpinan kepala sekolah merupakan suatu bentuk proses mempengaruhi, membina, menggerakkan, mengarahkan, membimbing bawahan untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Hal tersebut sangat penting yang harus diperhatikan oleh kepala sekolah dalam memimpin, sehingga akan berdampak pada keberhasilan, kemajuan serta peningkatan mutu lulusan siswanya. Akan tetapi, pada kenyataannya masih terdapat kompetensi kepala sekolah yang rendah belum bisa menjalankan kepemimpinnanya dalam memimpin untuk mencapai tujuan dan menyebabkan rendahnya mutu lulusan siswa di sekolah. Merespon hal tersebut, kepala sekolah SMKN 2 Ponorogo dapat menjalankan kepemimpinan yang berjiwa entrepreneurship dengan cara membuat komitmen bersama-sama untuk mencapai sasaran dan tujuan serta peningkatan mutu lulusan yang beriiwa entrepreneur secara professional di bidangnya.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan tujuan: (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik kepemimpinan entrepreneurship kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan siswa. (2) Untuk mendeskripsikan strategi kepemimpinan entrepreneurship kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan siswa di SMKN 2 Ponorogo. (3) Untuk mendeskripsikan implikasi dari implementasi kepemimpinan entrepreneurship kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan siswa di SMKN 2 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Karakteristik kepemimpinan entrepreneurship kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan siswa yaitu bekerja keras, perencana yang kreatif dan inovatif, berani mengambil risiko, bertanggung jawab, fokus pada visi misi, memiliki etos kerja yang tinggi, (2)Strategi kepemimpinan entrepreneurship kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan siswa dengan berorientasi pengembangkan SDM guru produktif, meningkatkan peralatan dan fasilitas siswa setiap jurusan,serta menciptakan suatu program kegiatan inovatif dan kreatif dengan melibatkan stakeholder sekolah. (3) Implikasi atau hasil dari implementasi kepemimpinan entrepreneurship kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan siswa dengan melihat dari hasil belajar siswa dalam tiga ranah yaitu kognitif (pengetahuan dan pemahaman), ranah afektif (sikap, mental) sikap mental siswa dalam berwirausaha, yang terakhir ranah psikomotorik (keterampilan) siswa dalam praktik setiap program keahlian yang diambil serta keterampilan siswa dalam berwirausaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wahid Hariyanto |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 03:26 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 03:26 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9566 |
Actions (login required)
View Item |