Kumala, Athifa Megaratri (2020) (PERSEMBAHAN, TRANSLITERASI, dll YG TDK SESUAI KAIDAH TDK BOLEH DI UPLOAD....UPLOAD ULANG) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kreativitas dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial materi keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia siswa mi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI ATHIFA MEGARATRI KUMALA 210616046.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kumala, Athifa Megaratri, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Siswa Kelas V MI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci : Kooperatif, Make A Match, Kreativitas, Hasil Belajar.
Model pembelajaran tipe make a match merupakan model pembelajaran dengan siswa mencari pasangan untuk mempelajari konsep dengan suasana yang menyenangkan. memiliki kelebihan yaitu dapat mencari pasangan kartu soal/jawaban sambil belajar bersama dengan suasana yang menyenangkan. Tujuan dari model pembelajaran tipe make a match yaitu pendalaman materi, penggalian materi, dan edutainment. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match memunculkan kegiatan pembelajaran secara menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kreativitas dan hasil belajar materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Hal ini disesuaikan dengan keunggulan dari model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Salah satu keunggulan tersebut adalah dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ekperimen kuasi (Quasi Experimenal design) dengan desain non-equivalent (pre-test dan post-test) control-group design. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari dengan populasi penelitian siswa kelas V MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo dan sampel penelitian siswa kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Instrumen dan teknik pengumpulan data terdiri dari dua, yaitu (1) hasil uji hipotesis dan rata-rata hasil kreativitas “menggambar peta Indonesia” yang dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Didapatkan hasil bahwa nilai kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan nilai kelas kontrol yaitu kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 94 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai 89 menunjukkan hipotesis diterima (2) Hasil nilai prestest didapatkan kelas kontrol lebih unggul dibandingkan kelas eksperimen yaitu kelas kontrol 47 sedangkan kelas eksperimen 39. Kemudian setelah dikenai model pembelajaran kooperatif tipe make a match (posttest) didapatkan hasil bahwa nilai kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan nilai kelas kontrol yaitu kelas eksperimen mendapatkan nilai 76 sedangkan kelas kontrol 71. Hal tersebut dilihat pada perolehan nilai gain score kelas eksperimen sebesar 36,78 dan kelas kontrol sebesar 23,80 (3) Hasil perhitungan kreativitas dikemukakan bahwa nilai P value P one-tail = 0.0023, sedangkan nilai P value P two-tail = 0.0047 dengan menggunakan taraf kepercayaan 95% diperoleh taraf signifikansi kurang dari 0.05 yaitu 0.0023 < 0.05 dan 0.0047 < 0.05 menunjukkan hipotesis diterima dan hasil perhitungan hasil belajar dikemukakan hasil perhitungan bahwa nilai P value P one-tail = 0.0011, sedangkan nilai P value P two-tail = 0.0023 dengan menggunakan taraf kepercayaan 95% diperoleh taraf signifikansi kurang dari 0.05 yaitu 0.0011 < 0.05 dan 0.0023 < 0.05 menunjukkan hipotesis diterima
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap kreativitas materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia Siswa MI. Hal tersebut dapat dilihat dilihat dari perolehan skor gain score kemudian diuji normalitas, homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kedua, model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia Siswa MI. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dan rata-rata nilai hasil belajar IPS kelas eksperimen dan kelas kontrol
Ketiga model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh tehadap kreativitas ilmu pengetahuan sosial materi keragaman suku dan budaya di Indonesia siswa MI yang dapat dilihat dari perolehan skor uji T.
Disarankan guru menggunakan model kooperatif tipe make a match sebagai variasi dalam mengajar guna meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar IPS. Selain itu, pihak sekolah (kepala sekolah) harus melengkapi fasilitas di sekolah untuk menunjang siswa kreasi menggambar. Disisi lain, guru harus memilih materi yang tepat agar hasil belajar yang diperoleh siswa maksimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Risma Dwi Arisona |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 02:13 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 02:13 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9467 |
Actions (login required)
View Item |