Maharani, Anggre Delia (2020) Analisis Prestasi Belajar Siswa Yang Mengalami Perilaku Bullying di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Anggre Delia M_210626200_Etheses.pdf Download (948kB) | Preview |
Abstract
Maharani, Anggre Delia. 2020. Analisis Prestasi Belajar Siswa yang Mengalami Perilaku Bullying di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Siswa, Bulling.
Prestasi belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai dalam periode tertentu. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi belajar peserta didik, diantaranya faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik (faktor internal) dan ada pula dari luar dirinya (faktor eksternal). Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah gangguan dari siswa lain atau sering disebut sebagai bullying. Perilaku bullying sering kali terjadi di sekolah termasuk di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo. Perilaku bullying memiliki banyak dampak negatif salah satunya menurunnya atau kurang memuaskannya nilai dari korban, yang disebabkan karena rasa tidak nyaman siswa saat belajar di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bentuk perilaku bullying yang terjadi di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo, (2) Mendeskripsikan prestasi siswa yang mengalami perilaku bullying di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo, (3) Mendeskripsikan upaya sekolah dalam mengatasi perilaku bullying di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk menemukan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisa interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat ditemukan (1) Bentuk-bentuk bullying yang terjadi di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo antara lain mengolok-olok, memanggil dengan panggilan jelek, memanggil menggunakan nama orang tua korban, berkata kotor, dicubit, ditendang, dan menarik jilbab korban, selain itu siswa sering dikucilkan atau tidak diajak bermain oleh teman-temannya. (2) Prestasi belajar siswa yang mengalami perilaku bullying dapat dikatakan sedang, hal tersebut dinilai dari ranah kognitif siswa pada raport yang mana rata-rata nilai siswa mendekati nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). (3) Upaya sekolah dalam mengatasi perilaku bullying adalah dengan selalu menasehati siswa setelah sholat dhuha, mempertemukan korban dan pelaku, memberikan nasehat dan teguran, memberikan hukuman yang mendidik, serta menanamkan karakter yang baik melalui pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yuli Salis Hijriyani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 02:42 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 02:42 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9412 |
Actions (login required)
View Item |