Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak di Madrasah Diniyah Thoriqul Ihsan Bulu Kidul Balong Ponorogo

Ambarwati, Awalul Badriyatal (2020) Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak di Madrasah Diniyah Thoriqul Ihsan Bulu Kidul Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316012_AWALUL BADRIYATAL AMBARWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ambarwati, Awalul Badriyatal. 2020. Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan
Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) terhadap
Kemampuan Membaca Al-Qur’an anak di Madrasah Diniyah Thoriqul
Ihsan Bulu Kidul, Balong, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama
Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy
Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Bimbingan orang tua, Motivasi belajar, Kemampuan membaca
Al-Qur’an.
Seorang muslim harus memiliki kemampuan untuk membaca Al-Qur’an,
karena dengan membaca Al-Qur’an dapat memahami ajaran Agama Islam.
Namun, fakta di lapangan banyak dijumpai anak-anak yang belum bisa membaca
Al-Qur’an. Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an anak,
yaitu: faktor internal (motivasi belajar, inteligensi, bakat dan minat siswa) dan
faktor eksternal (bimbingan orang tua, metode mengajar guru, dan teman
bergaul). Bimbingan orang tua mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an
anak karena semakin intensif bimbingan orang tua, maka akan semakin baik pula
kemampuan membaca Al-Qur’an anak. Motivasi belajar juga mempengaruhi
kemampuan membaca Al-Qur’an anak, karena semakin tinggi motivasi belajar
anak, maka akan semakin baik pula kemampuan membaca Al-Qur’an anak.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan membaca Al-
Qur’an anak di Madrasah Diniyah Thoriqul Ihsan; (2) mengetahui signifikansi
pengaruh bimbingan orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak di
Madrasah Diniyah Thoriqul Ihsan; (3) mengetahui signifikansi pengaruh motivasi
belajar dalam Pembelajaran BTQ terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak
di Madrasah Diniyah Thoriqul Ihsan Bulu; (4) mengetahui signifikansi pengaruh
bimbingan orang tua dan motivasi belajar dalam Pembelajaran BTQ terhadap
kemampuan membaca Al-Qur’an anak di Madrasah Diniyah Thoriqul Ihsan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa
angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak di Madrasah
Diniyah Thoriqul Ihsan yang level mengajinya sudah Al-Qur’an, yaitu sejumlah
41 anak. Adapun sampel yang diambil oleh peneliti adalah 36 responden, karena
yang 5 responden digunakan oleh peneliti untuk uji keterbacaan. Instrumen
pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) kemampuan
membaca Al-Qur’an anak di Madrasah Diniyah Thoriqul Ihsan, dominan dalam
kategori sedang dengan prosentase 63,89%. (2) Bimbingan orang tua berpengaruh
secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak di Madrasah
Diniyah Thoriqul Ihsan, dengan prosentase 80,3%. (3) Motivasi belajar dalam
Pembelajaran BTQ berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca
Al-Qur’an anak di Madrasah Diniyah Thoriqul Ihsan Bulu, dengan prosentase
sebesar 71,9%. (4) Bimbingan orang tua dan Motivasi belajar dalam Pembelajaran
BTQ berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an
anak di Madrasah Diniyah Thoriqul Ihsan, dengan prosentase sebesar 83,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2020 01:52
Last Modified: 29 May 2020 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9370

Actions (login required)

View Item View Item