Gunawan, Nova Ulfani (2020) Pembelajaran Al-Qur'an untuk Kaum Lansia di Madrasah Diniyah Ar-Rizqi di Desa Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
NOVA ULFANI GUNAWAN_210316351_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Gunawan, Nova Ulfani. Pembelajaran Al-Qur’an untuk Kaum Lansia di
Madrasah Diniyah Ar-Rizqi di Desa Palur Kecamatan Kebonsari
Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. 2020. Pembimbing Lia
Amalia, M. Si
Kata Kunci: Pembelajaran, Al-Qur'an, Lansia.
Upaya awal manusia dalam menjadikan Al-Qur'an sebagaimana fungsinya
yaitu sebagai petunjuk dapat dimulai dengan membaca Al-Qur'an. Sebelum
mampu membaca Al-Qur'an, langkah awal yang harus ditempuh yakni belajar Al-
Qur'an agar mampu membaca sesuai kaidahnya. Oleh sebab itu, belajar Al-
Qur'an menjadi kewajiban bagi setiap muslim agar mampu membaca Al-Qur'an
sesuai dengan kaidahnya. Pembelajaran membaca Al-Qur'an tidak mengutamakan
pada penyerapan dan pemahaman melalui transfer informasi saja, tetapi lebih
mengutamakan pada pengembangan kemampuan dalam membaca Al-Qur'an.
kegiatan belajar sering dilakukan oleh anak-anak ataupun orang-orang yang masih
dalam usia kisaran lima tahun sampai delapan belas tahun. Baik dalam
melaksanakan pendidikan formal maupun nonformal. Di Madrasah Diniyah Ar-
Rizqi terdapat para ibu-ibu dan nenek-nenek lanjut usia melaksanakan kegiatan
belajar mengaji. Hal ini dirasa perlu untuk diteliti, dikarenakan kegiatan
pembelajaran Al-Qur'an pada ibu-ibu dan lanjut usia masih langka atau jarang
ditemukan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi pembelajaran yang
digunakan (2) mengetahui evaluasi yang digunakan (3) mengetahui faktor
pendukung dan penghambat pembelajaran Al-Qur'an bagi lansia di Madrasah
Diniyah Ar-Rizqi di Desa Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpuan data yang digunakan
yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis
data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, meliputi
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) Strategi pembelajaran
yang digunakan yaitu strategi yang menyenangkan, strategi yang lebih fleksibel
dan disesuaikan dengan peserta (2) evaluasi hanya dilaksanakan pada saat
kenaikan jilid dan sifatnya sekadar formalitas sedangan untuk evaluasi harian
tidak ada (3) Faktor pendukungnya antara lain menggunakan metode Ummi, ajang
untuk silaturahmi serta berkumpul bersama rekan-rekan dengan berbagai profesi
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Lia Amalia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 28 May 2020 03:49 |
Last Modified: | 28 May 2020 03:49 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9321 |
Actions (login required)
View Item |