Safitri, Yunia (2020) Pola Interaksi antara Guru dan Siswa sebagai Proses Peningkatan Kedisiplinan Siswa di MA Miftahussalam Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_210316047_YUNIA SAFITRI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Safitri, Yunia. 2020. Pola Interaksi antara Guru dan Siswa sebagai Proses Peningkatan Kedisiplinan Siswa di MA Miftahussalam Slahung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd.
Kata Kunci: Pola Interaksi, Guru, Siswa, Kedisiplinan
Penelitian ini berlatar belakang pada peningkatan kedisiplinan siswa, yang tentunya akan ada banyak sekali ditemukan berbagai masalah yang berkaitan dengan ketidakdisiplinan/pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh siswa. Ada berbagai macam bentuk ketidakdisiplinan yang biasanya siswa lakukan, baik di dalam kegiatan belajar mengajar maupun di luar kegiatan belajar mengajar. Contoh ketidakdisiplinan yang biasanya siswa lakukan diantaranya ialah, datang terlambat, tidak mau mengerjakan tugas, membolos, membawa hp ke sekolah, tidak memakai atribut sesuai dengan peraturan yang telah di tetapkan, bersikap tidak sopan terhadap guru dan sesama teman, dan lain sebagainya. Sehingga berawal dari berbagai permasalahan tersebut muncullah sebuah asumsi bahwasannya pola interaksi yang baik antara guru dengan siswa akan sangat berpengaruh pada peningkatan kedisiplinan siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana pola interaksi antara guru dan siswa di MA Miftahussalam Slahung Ponorogo, dan (2) medeskripsikan bagaimana implementasi pola interaksi antara guru dan siswa sebagai proses peningkatan kedisiplinan siswa di MA Miftahussalam Slahung Ponorogo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitataif deskriptif yang berlatar di MA Miftahussalam Slahung Ponorogo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan ialah dengan cara melakukan pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Sementara pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan serta triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: (1) di MA Miftahussalam Slahung Ponorogo pola interaksi antara guru dan siswa berbentuk interaksi yang bersifat asosiatif, yang mana di dalamnya juga terdapat tiga pola interaksi yang mendukung. Ketiga pola interaksi tersebut diantaranya ialah, pola interaksi antara sesama guru, pola interaksi antara guru dan siswa, dan pola interaksi antara guru dan wali murid, yang mana ketiga pola interaksi tersebut saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain. (2) Sedangkan implementasi dari pola interaksi antara guru dan siswa sebagai proses peningkatan kedisiplinan siswa menghasilkan dua bentuk interaksi. Pertama interaksi dalam bentuk asimilasi yang di dalamnya meliputi pembiasaan serta contoh dan keteladanan. Kedua, interaksi dalam bentuk akomodasi, yang mana di dalamnya meliputi pengawasan, peraturan dan tata tertib, serta pemberian sanksi dan hukuman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Waris |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 28 May 2020 02:35 |
Last Modified: | 28 May 2020 02:35 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9309 |
Actions (login required)
View Item |