Implementasi Metode Iqro' Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur'an Santri TPA Al-Mustawa Siman

Nikmah, Luluk Ulfa Lailatun (2020) Implementasi Metode Iqro' Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur'an Santri TPA Al-Mustawa Siman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316061_LULUK ULFA LAILATUN NIKMAH-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ulfa Lailatun Nikmah, Luluk. 2020. Implementasi Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kefasihan Memebaca Al-Qur’an di TPA Al-Mustawa Siman. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Pembimbing, Erwin Yudi Prahara M. Ag.

Kata kunci: Metode Iqro’, Kefasihan Membaca Al-Qur’an.
Metode Iqro’ adalah suatu metode membaca Al- Qur’an yang yang menekankan langsung pada latihan membaca. Metode Iqro’ digunakan karena dianggap cukup efektif dalam membaca Al-Qur’an dengan memperhatikan kebenaran dan kefasihan bacaannya. Dalam membaca Al-Qur’an haruslah memperhatikan kefasihan bacaannya atau “tashiihu qira-atil huruf” yaitu membikin tepat bacaan perhurufnya. Oleh karena itu dalam mencapai tujuan kefasihan membaca Al-Qur’an dibutuhkan metode yang sesuai untuk meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an. Maka di TPA Al-Mustawa Siman menerapkan metode Iqro’ sebagai metode yang berkesinambungan untuk meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode Iqro’ dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an di TPA Al-Mustawa Siman. (2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Iqro’ dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an di TPA Al-Mustawa Siman. (3) Untuk mendeskripsikan implikasi atau dampak dari implementasi metode Iqro’ dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an di TPA Al-Mustawa Siman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunan ternik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Milles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an di TPA Al-Mustawa Siman sangat membantu proses pembelajaran membaca Al-Qur’an dalam membimbing dan mengajar membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid sehingga dapat meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an santri. (2) Faktor pendukung dan penghambat: (a) Faktor pendukung: Kemampuan ustadz/ustadzah dalam mengajar serta serta metode pembelajaran yang digunakan di TPA Al-Mustawa Siman dapat menunjang proses penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an. (b) Faktor penghambat: Latar belakang santri yang kurang mendapat dorongan dan bimbingan dari orang tua, kurangnya pembiasaan dalam membaca Al-Qur’an serta kemampuan santri yang kurang dalam menerima materi yang disampaikan. (3) Dampak implementasi metode Iqro’ yaitu santri mampu santri dapat mengenal huruf hijaiyah serta mampu membaca Al-Qur’an secara baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin yudi prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2020 04:28
Last Modified: 27 May 2020 04:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9278

Actions (login required)

View Item View Item