Muzayyanah, Syarifatul (2020) Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X MIPA SMAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/ 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_SYARIFATUL MUZAYYANAH_210316027_PERPUS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Muzayyanah, Syarifatul. 2020. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X MIPA SMAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Konsep Diri, Minat Belajar, Mata Pelajaran PAI
Suatu minat dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan yang menunjukan bahwa anak didik lebih menyukai suatu hal daripada hal lainya, dapat pula dimanifestasikan melalui partisipasi dalam suatu aktivitas. Anak didik memiliki minat terhadap subyek cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap subjek tersebut. Minat belajar yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi, sebaliknya minat belajar kurang akan menghasilkan prestasi belajar yang rendah. Berdasarkan observasi siswa kelas X MIPA di SMAN 2 Ponorogo memiliki minat belajar yang berbeda-beda, ada yang rendah, sedang dan tinggi. Adapun dalam minat belajar terdapat faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa jasmani, psikologi, dan kelelahan sedangkan faktor eksternal tujuan pengajaran, guru yang mengajar, bahan pelajaran, metode pengajaran, media pengajaran dan lingkungan. Lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor yang minat belajar siswa, karena pengaruh dari lingkungan sekolah yang kondusif dapat memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar sehingga menumbuhkan minat belajar pada akhirnya menghasilkan prestasi belajar yang baik. Selain itu konsep diri memiliki hubungan dengan minat belajar. Siswa yang memiliki konsep diri yang positif, akan menunjukan minat belajar yang baik di sekolah.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah lingkungan sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X MIPA SMAN Ponorogo; 2) Untuk mengetahui apakah konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X MIPA SMAN 2 Ponorogo; 3) Untuk mengetahui Apakah lingkungan sekolah dan konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X MIPA SMAN 2 Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi, dan untuk analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana dan regresi berganda. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS Versi 25.
Dari hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Lingkungan sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa di kelas X MIPA SMAN 2 Ponorogo sebesar 58,6% dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (<0,05); 2) Konsep Diri berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa di kelas X MIPA SMAN 2 Ponorogo sebesar 19,1% dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (<0,05;) 3)Lingkungan sekolah dan konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X MIPA SMAN 2 Ponorogo dengan sebesar 60% dengan nilai Fhitung = 105,559 ( > Ftabel = 3,06).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Andhita Dessy Wulansari |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 27 May 2020 04:21 |
Last Modified: | 27 May 2020 04:21 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9277 |
Actions (login required)
View Item |