Oktaviana, Vinola Vicky (2020) Korelasi antara Kecerdasan Logika Matematika dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 1 Kemiri Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI VINOLA VICKY OKTAVIANA.pdf Download (713kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Oktaviana, Vinola Vicky. 2020. Korelasi antara Kecerdasan Logika Matematika dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN 1 Kemiri Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci: Kecerdasan Logika Matematika, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika.
Matematika sering dianggap sulit oleh siswa dan menjadi momok yang menakutkan bagi mereka adalah salah satu pelajaran yang ada pada setiap jenjang pendidikan, mulai sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Pelajaran matematika adalah salah satu pelajaran yang penting, karena dalam kehidupan sehari-hari materi pembelajarannya dapat diterapkan. Selain itu tujuan dari adanya mata pelajaran matematika ini tidak hanya sekedar penguasaannya terhadap materi matematika saja, namun juga sebagai bekal siswa nantinya ketika terjun di dalam masyarakat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun realitanya sebagian hasil belajar matematika siswa masih di bawah nilai rata-rata.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya korelasi kecerdasan logika matematika dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 1 Kemiri Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) mengetahui adanya korelasi minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 1 Kemiri Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) mengetahui korelasi antara kecerdasan logika matematika dan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 1 Kemiri Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasi di mana di dalamnya menghubungkan 3 variabel yaitu variabel kecerdasan logika matematika dan minat belajar sebagai variabel independen dan hasil belajar matematika sebagai variabel dependen, dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitiian ini adalah expost facto. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, dimana menjadikan 19 siswa sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat korelasi positif yang signifikan antara kecerdasan logika matematika dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 1 Kemiri Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Dengan nilai rhitung = 0,501 dan rtabel = 0,456, maka rhitung > rtabel yang artinya Ha diterima, (2) terdapat korelasi positif yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 1 Kemiri Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Dengan nilai rhitung = 0,506 dan rtabel = 0,456, maka rhitung > rtabel yang artinya Ha diterima, (3) terdapat korelasi positif yang signifikan antara kecerdasan logika matematika dan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 1 Kemiri Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 3,850 > 3,63 yang berarti Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kurnia Hidayati |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 May 2020 06:37 |
Last Modified: | 18 May 2020 06:37 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9253 |
Actions (login required)
View Item |