Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di MAN 2 Ponorogo

Susanti, Yiyin (2020) Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Susanti, Yiyin. 2020. Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I..
Kata kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Guru
Supervisi akademik bertujuan memberikan bantuan berupa pembinaan, bimbingan, dan arahan dari kepala madrasah kepada guru dan personalianya dalam upaya meningkatkan kualitas mutu layanan dan kualitas prestasi siswa supaya lebih maju dan unggul. Dengan adanya kinerja guru yang semakin meningkat maka tujuan supervisi akademik telah tercapai. MAN 2 Ponorogo adalah salah satu sekolah favorit di Ponorogo, sekolah ini dijadikan penelitian karena peneliti tertarik dengan bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan model dan teknik supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru, (2) menjelaskan indikator keberhasilan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru, dan (3) menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan dua teknik yaitu teknik pengamatan tekun dan teknik triangulasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan empat alur kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Model yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di MAN 2 Ponorogo yaitu: a) model tradisional, b) model ilmiah, dan c) model klinis. Penggunaan model tersebut disesuaikan dengan tingkat permasalahan yang dimiliki guru dilihat dari temuan data oleh kepala madrasah. Teknik yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi yaitu teknik individu dan juga teknik kelompok. Teknik individu dilakukan melalui a) teknik menggunakan alat-alat elektronik dan b) teknik menggunakan pertemuan informal. Adapun Teknik Kelompok yang digunakan yaitu menggunakan teknik rapat guru, diskusi, dan kunjungan kelas. Kedua, Indikator keberhasilan pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di MAN 2 Ponorogo antara lain: a) peningkatan kedisiplinan guru b) penyegaran layanan proses belajar mengajar oleh guru dalam hal memberikan materi, metode dan strategi c) manajemen kelas yang semakin kondusif d) peningkatan hasil penilaian dan evaluasi prestasi peserta didik. Ketiga, Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di MAN 2 Ponorogo. Yakni faktor pendukungnya adalah : a) menghasilkan produk yang bermutu dan unggul. b) prestasi belajar siswa yang semakin meningkat. c) keadaan psikologi guru yang sehat. d) respon yang baik dari guru. e) komunikasi yang harmonis dan f) terciptanya suasana yang nyaman. Adapun faktor yang menghambat yaitu persoalan waktu. Masalah waktu menjadi satu-satunya hambatan dalam pelaksanaan supervisi akademik. Hal ini menjadikan kepala madrasah selalu menggunakan penjadwalan kegiatan yang disesuaikan dengan skala prioritas. Skala prioritas dimaksudkann untuk memetakan kegiatan yang sifatnya penting dan dapat menyusul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:22
Last Modified: 18 May 2020 06:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9219

Actions (login required)

View Item View Item