Arianto, Handika (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning (CBL) Berbasis HOTS Terhadap Kemampuan Berpikir Kontekstual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mlarak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI HANDIKA ARIANTO 211316023.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Arianto, Handika. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning (CBL) Berbasis HOTS Terhadap Kemampuan Berpikir Kontekstual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mlarak. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Hanin Niswatul Fauziah, M.Si
Kata Kunci: kemampuan berpikir kontekstual, Case Base Learning, HOTS, gelombang dan getaran
Kemampuan kontekstual adalah kemampuan berpikir seseorang dalam mengaitkan sebuah teori dalam pembelajaran dengan kejadian sehari–hari. Kemampuan berpikir kontekstual peserta didik dapat di tingkatkan dengan menghubungkan fakta dan konsep dalam pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) berbasis HOTS yang bertujuan untuk menganalisa kemampuan berpikir kontekstual peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Mlarak dalam materi gelombang dan getaran. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning (CBL) berbasis HOTS terhadap kemamuan berpikir kontekstual peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Mlarak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan design penelitian nonequivalent control group design dengan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah ada sebelumya. Dimana teknik pengumpulan data melalui kuisioner dan tes yang diujikan terhadap peserta didik yang sudah diberikan perlakuan khusus. Kemudian data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan statistik diferensial menggunakan uji-t two-tailed dan one-tailed yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas . Sampel pada penelitian ini menggunakan metode weak control design yaitu kelas VIII A (eksperimen) dan kelas VIII C (konrol). Hasil penelitian diketahui bahwa P-Value sebesar 0,000. Karena nilai P-Value tersebut kurang dari 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak atau terdapat perbedaan signifikan terhadap kemampuan berpikir kontekstual antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Niswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 May 2020 05:41 |
Last Modified: | 18 May 2020 05:41 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9168 |
Actions (login required)
View Item |