Hanifah, Rika Nur (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Peduli Lingkungan Melalui Gerakan Madrasah Sehat (GEMES) Di MI Salafiyah Kembangsawit Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210616133_RIKA NUR HANIFAH.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Hanifah, Rika Nur. 2020. Internalisasi Nilai-nilai Karakter Peduli Lingkungan Melalui Gerakan Madrasah Sehat (GEMES) di MI Salafiyah Kembangsawit Kebonsari Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ali Ba’ul Chusna, M.SI
Kata Kunci: Peduli Lingkungan, Gerakan Madrasah Sehat (GEMES).
Pendidikan karakter sangat penting bagi peserta didik terutama pada tingkat sekolah dasar untuk menciptakan akhlak yang baik. Salah satu karakter yang penting untuk ditanamkan ialah karakter peduli lingkungan, khususnya di lingkungan sekolah/ madrasah. Dari banyaknya permasalahan yang muncul di lingkungan, menjadi gagasan munculnya sebuah program Gerakan Madrasah Sehat (GEMES) yang dilaksanakan di sebuah madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai karakter peduli lingkungan melalui gerakan Madrasah Sehat (GEMES) di MI Salafiyah Kembangsawit Kebonsari Madiun, (2) mendeskripsikan problematika internalisasi nilai-nilai karakter peduli lingkungan melalui Gerakan Madrasah Sehat (GEMES) di MI Salafiyah Kembangsawit Kebonsari Madiun, dan (3) mendeskripsikan solusi mengatasi hambatan dalam internalisasi nilai-nilai karakter peduli lingkungan melalui Gerakan Madrasah Sehat (GEMES) di MI Salafiyah Kembangsawit Kebonsari Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannnya studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara pembicaraan informal kepada kepala madrasah, pengurus UKS, Koordinator GEMES, dan siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yang dimulai dari pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) Proses internalisasi nilai-nilai karakter peduli lingkungan melalui gerakan Madrasah Sehat (GEMES) di MI Salafiyah Kembangsawit Kebonsari Madiun melalui dua kegiatan yaitu kegiatan rutin harian dan mingguan serta keteladanan guru. (2) Problematika internalisasi nilai-nilai karakter peduli lingkungan melalui gerakan Madrasah Sehat (GEMES) di MI Salafiyah Kembangsawit Kebonsari Madiun berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal yaitu kurangnya sosialisasi yang diadakan oleh pemerintah daerah. Sedangkan faktor internal yaitu sulit mengatur dan mengarahkan siswa serta kurang terkonsepnya kegiatan yang dibentuk. (4) Solusi dalam mengatasi hambatan dalam internalisasi nilai-nilai karakter peduli lingkungan melalui Gerakan Madrasah Sehat (GEMES) di MI Salafiyah Kembangsawit Kebonsari Madiun ialah pertama inisiatif kepala madrasah dalam mencari informasi. Kedua, sebagai pendidik harus bersikap sabar, telaten, dan pantang menyerah. Ketiga, perlu adanya musyawarah dalam merencanakan suatu program kegiatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ali Ba'ul Chusna |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 May 2020 04:38 |
Last Modified: | 28 May 2020 06:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9037 |
Actions (login required)
View Item |