Nisa, Laila Khoirotun (2020) Analisis Strategi Pemasaran dalam Optimalisasi Produk Tabunganku di BRI Syariah KCP Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
LAILA KHOIROTUN NISA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Abstrak
Nisa, Laila Khoirotun, 2020. Analisis Strategi Pemasaran dalam Optimalisasi Produk TabunganKu di BRI Syariah KCP Magetan. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dwi Setya Nugrahini, M.pd.
Kata Kunci: Segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar, bauran pemasaran.
BRI Syariah KCP Magetan merupakan salah satu lembaga perbankan syariah yang memiliki produk tabunganKu. TabunganKu yaitu tabungan yang ditujukan untuk perorangan dengan memberikan tawaran dan persyaratan yang sangat mudah, guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Meskipun tabunganKu bermanfaat untuk nasabah namun masih banyak yang belum berminat untuk membuka rekening tabunganKu. Masalah inilah yang menjadi tantangan besar bagi BRI Syariah KCP Magetan untuk memasarkan produk tabunganKu lebih baik lagi.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi STP (segmenting, targeting, positioning) produk tabunganKu di BRI Syariah KCP Magetan, dan bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) produk tabunganKu di BRI Syariah KCP Magetan. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian (field research), teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh BRI Syariah KCP Magetan pada produk tabunganKu adalah segmentasi pasar berdasarkan segmentasi demografis dan geografis, penetapan target pasar ialah semua masyarakat yang mempunyai keinginan untuk menabung dengan mudah, aman dan tidak ada ketentuan atau batasan nominal menabung, penetapan posisi pasar yaitu dengan memberikan pelayanan yang cepat, persyaratan yang mudah, dan ditujukan kepada semua masyarakat. Penerapan bauran pemasaran 4P yaitu: product, dengan mengeluarkan tabungan yang ditujukan untuk perorangan dengan memberikan tawaran dan persyaratan yang sangat mudah guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Price, penentuan harga berdasarkan ketetapan BI berupa biaya administrasi sebesar Rp. 20.000 dan tidak ada biaya-biaya lain contohnya potongan setiap bulan. Place, pembukaan rekening tabunganKu berada di BRI Syariah KCP Magetan. Kemudian dalam strategi tempat juga menerapkan layanan jemput bola kepada nasabah. Promotion, melalui periklanan, penjualan pribadi, publisitas, dan promosi penjualan. Strategi pemasaran yang dilakukan kurang maksimal karena hanya mengutamakan pada sosialisasi dan penyebaran brosur, sehingga tingkat pengetahuan masyarakat akan produk tabunganKu masih kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dwi Setya Nugrahini |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 13 May 2020 04:00 |
Last Modified: | 13 May 2020 04:00 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9009 |
Actions (login required)
View Item |