Ulum, Bahrul [FILE BELUM DIFORMAT PDF DAN MASIH TERPISAH - JUDUL SALAH] Other. Other.
Text
HALAMAN DEPAN.docx Download (662kB) |
||
Text
ABSTRAK.doc Download (40kB) |
||
|
Image
LEMBAR PERSETUJUAN.jpg Download (624kB) | Preview |
|
|
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (844kB) | Preview |
|
|
Image
SURAT IZIN.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
KEASLIAN TULISAN.jpg Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK
Ulum, Bahrul. 2019. Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Agama (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X Materi Haji, Zakat, dan Wakaf di SMKN Kartoharjo Magetan Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Syaiful Arif, M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran Demonstrasi, Hasil Belajar.
Dalam pembelajaran biasanya timbul penyimpangan-penyimpangan sehingga pembelajaran tersebut tidak efektif dan efisien, antara lain disebabkan oleh adanya kecenderungan verbalisme, ketidaksiapan siswa atau mahasiswa, kurang minat dan kegairahan dan sebagainya. Maka dari itu, guru dituntut untuk mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan dapat membuat siswa belajar dengan sungguh-sungguh melalui model pembelajaran yang diterapkan.
Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga siklus.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kartoharjo Magetan yang berjumlah sebanyak 31 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa dan hasil test siswa, kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus presentase.
Adapun hasil penilitian yang diperoleh adalah 1) Penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar materi haji, zakat, dan wakaf pada siswa Kelas XSekolah Menengah Kejuruan Negeri Kartoharjo Magetan tahun pelajaran 2019/2020 dengan didasari pada setiap siklusnya berada pada kategori sangat baik, yang mana pada siklus I seluruh kemampuan memecahkan masalah pada materi haji dan umrah, siswa mencapai 55%.meningkat pada siklus II dengan kemampuan memecahkan masalah mencapai 65% dan meningkat lagi pada siklus III dengan kemampuan memecahkan masalah mencapai 77%. 2) Hasil penerapan metode pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar materihaji, zakat, dan wakafpada siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kartoharjo Magetansangat baik, terbukti bahwa nilai ulangan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dengan nilai ketuntasan siswa pada siklus I yaitu 77% sedangkan yang tidak tuntas sebesar 33%, pada siklus II nilai ketuntasan mencapai 85% dan yang tidak tuntas hanya 25%, dan pada siklus III nilai ketuntasan mencapai 94% dan yang tidak tuntas 6%.
Item Type: | Article |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 02:11 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 02:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8972 |
Actions (login required)
View Item |