Hasanah, Siti Nur (2020) Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syeikh Hafidz Hasan Al- Mas’udi Dalam Kitab Taisirul Khalaq Fi Ilmi Akhlak Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
KAK ANNA UPLOAD-dikonversi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasanah, Siti Nur. 2020. Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syeikh Hafidz Hasan Al- Mas’udi Dalam Kitab Taisirul Fi Ilmi Akhlak dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ahmad Luthfi , M. Fill. I.
Kata Kunci: Pengertian Akhlak, Konsep Pendidikan, Tujuan Pendidikan Islam,Taisirul Khalaq Fi Ilmi Akhlak
Taisirul Khalaq Fi Ilmi Akhlak merupakan kitab karangan Syeikh Hafidz Hasan Al- Mas’udi, yang mana merupakan ringkasan ilmu akhlak untuk pelajar dasar. Didalam kitab itu berisi tentang konsep- konsep pendidikan akhlak dalam kehidupan sehari- hari, dengan maksud sebagai bekal dalam kehidupan agar mempunyai akhlak yang baik. Pada dasarnya tujuan dari pendidikan Islam sendiri yaitu untuk mencapai akhlak sempurna, keberhasilan pendidikan manusia tidak akan sempurna jika hanya dilihat dalam aspek kognitif saja, tetapi yang lebih penting lagi adalah terbentuknya generasi yang mempunyai akhlak mulia, yang nantinya bisa diterapkan dalam kehidupan nyata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam kitab Taisirul Khalaq dan relevansinya dengan tujuan Pendidikan islam.
Metode yang digunakan peneliti yaitu Library Research dengan mengunakan pendekatan etika. Adapun sumber utama dalam penelitian ini adalah kitab Taisirul Khalaq dan terjemahan kitab Taisirul Khalaq. Adapun sumber- sumber pendukungnya adalah buku- buku yang berkaitan dengan materi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkkan bahwa konsep pendidikan akhlak yang yang terdapat dalam kitab Taisirul Khalaq memuat tentang akhlak manusia kepada Allah, akhlak manusia terhadap diri sendiri, akhlak guru dan murid, akhlak manusia terhadap orang lain, macam- macam akhlak terpuji dan akhlak tercela. Relevansi akhlak dalam kitab Taisirul Khalaq dengan tujuan pendidikan Islam dilihat dari segi aspek- aspek tujuan pendidikan Islam, yaitu (1).Aspek jasmani yang mana dalam kitab Taisirul Khalaq juga dijelaskan bagaimana adab kita ketika makan, minum, tidur, menjaga kebersihan, (2). Aspek ruhani, dalam kitab Taisirul Khalaq dikaitkan dengan ketaqwaan kepada Allah swt. (3). Aspek akal yang berkaitan dengan akhlak tercela dan akhlak terpuji, yang mnausia harus pandai- pandai memilah mana yang baik dan mana yang buruk, (4). Aspek sosial yang dalam kitab Taisirul Khalaq dikaitkan dengan adab kita terhadap orang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmad Luthfi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 23 Mar 2020 01:33 |
Last Modified: | 13 May 2020 04:05 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8951 |
Actions (login required)
View Item |