Karlina, Reny (2020) Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Mikro di BRI Syariah KCP Mojoagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Bismillah skripsi jadi.pdf Download (984kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Karlina, Reny. Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Mikro di BRI Syariah KCP Mojoagung. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah
Kata kunci: Bauran Pemasaran, Strategi Promosi, Target
Perkembangan realisasi pembiayaan Mikro di BRI Syariah KCP Mojoagung menunjukkan penurunan dari kurun waktu pada tahun 2016 hingga tahun 2018. Pada tahun 2019 target realisasi pembiayaan KUR Mikro belum tercapai. Hal ini dikarenakan tergantung pada kebutuhan pasar, beragamnya jumlah nominal pembiayaan KUR yang diambil nasabah, penyebab yang ketiga adalah kurangnya pengetahuan masyarakat akan keberadaan bank dan produk pembiayaan yang ada di BRI Syariah, dan yang keempat adalah masih adanya peminjam KUR yang ingin meminjam tetapi belum memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman KUR.
Rumusan masalah bagaimana penerapan bauran pemasaran pembiayaan KUR Mikro di BRI Syariah KCP Mojoagung. Bagaimana strategi promosi terhadap pembiayaan KUR Mikro di BRI Syariah KCP Mojoagung. Skripsi ini menggunakan metode penelitian field research karena peneliti dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan datanya dilakukan di tempat terjadinya fenomena atau kasus tertentu terjadi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diwawancarai maupun diamati.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi bauran pemasaran pembiayaan KUR Mikro di BRI Syariah KCP Mojoagung meliputi product (produk), price (harga), place (tempat), people (orang), physical evidence (fasilitas fisik), dan proces (proses). Dari penerapan 6P diatas, terdapat penerapan yang belum maksimal pada strategi place (tempat) pendistribusian produk karena kurangnya variasi tempat pendistribusian yang dituju sehingga produk menjadi kurang dikenal oleh masyarakat. Strategi promosi pembiayaan kredit usaha rakyat Mikro di BRI Syariah KCP Mojoagung terdiri dari door to door, canvasing, open table saat kegiatan CFD, referral (bekerjasama dengan nasabah), serta online marketing yang dilakukan melalui media sosial fecebook. Terdapat penerapan startegi promosi yang kurang maksimal yaitu promosi sosial media yang hanya dilakukan oleh salah satu marketing saja dan door to door yang dilakukan oleh marketing masih jarang karena mengingat respon dari masyarakat yang beraneka ragam ketika pengenalan suatu produk yang sebelumnya belum diketahui.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Said Abadi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 02:13 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 02:13 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8894 |
Actions (login required)
View Item |