Pelaksanaan Promosi Pembiayaan Mutabarok Bunda Sejahtera terhadap Pedagang Sayur di Pasar Sayur Magetan (Analisis Promotion Mix pada PT BPRS Magetan)

Janah, Ani Roudotul (2020) Pelaksanaan Promosi Pembiayaan Mutabarok Bunda Sejahtera terhadap Pedagang Sayur di Pasar Sayur Magetan (Analisis Promotion Mix pada PT BPRS Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ani Roudotul.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Janah, Ani Roudotul.Pelaksanaan Promosi Pembiayaan Mutabarok Bunda Sejahtera terhadap Pedagang Sayur di Pasar Sayur Magetan (Analisis Promotion Mix pada PT BPRS Magetan). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah.
Kata kunci: Grebeg Pasar, Pedagang Kecil, Periklanan dan Penjualan Personal
PT BPRS Magetan memiliki produk unggulan dan terbaru yaitu pembiayaan mutabarok bunda sejahtera. Dapat diketahui bahwa sasaran pembiayaan ini yaitu para pedagang kecil atau menengah ke bawah, yang mana pedagang ini banyak ditemui di pasar-pasar. Dan ada pasar yang dekat dengan PT BPRS Magetan yaitu pasar sayur magetan. Nasabah pembiayaan mutabarok bunda sejahtera di pasar ini masih sangat sedikit. Awalnya hanya ada 2 pedagang saja yang menjadi nasabah PT BPRS Magetan. Padahal lokasi pasar yang sangat dekat dengan lokasi bank. Sehingga dilakukanlah kegiatan promosi dengan sistem grebeg pasar di pasar sayur magetan.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti ingin mengetahui pelaksanaan promosi pembiayaan mutabarok bunda sejahtera dengan sistem grebeg pasar terhadap pedagang sayur di pasar sayur magetan, alasan PT BPRS Magetan menerapkan grebeg pasar dalam promosi pembiayaan mutabarok bunda sejahtera dan implikasi grebeg pasar terhadap peningkatan jumlah pembiayaan pada pembiayaan mutabarok bunda sejahtera.
Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data melalui interview (wawancara) dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, dianalisa dengan menggunakan metode induktif.
Pelaksanaan grebeg pasaryang dilakukan oleh PT BPRS Magetan di pasar sayur magetan masih kurang maksimal. Kegiatan periklanan yang dilakukan lewat penyebaran brosur masih belum maksimal. Kegiatan penjualan personal pada grebeg pasar di pasar sayur magetan masih kurang maksimal dalam hal mempengaruhi minat pedagang. Pada grebeg pasar ini PT BPRS Magetan tidak melaksanakan bauran promosi yaitu promosi penjualan dan publisitas. Padahal akan lebih maksimal jika promosi ini dilakukan dengan kegiatan promosi lain yang dilaksanakan beriringan. Pada tujuan modifikasi tingkah laku, kegiatan grebeg pasar di pasar sayur magetan yang dilaksanakan dengan alasan ingin membasmi bank thithil sudah hampir maksimal. Pada tujuan memberitahu, PT BPRS Magetan masih belum maksimal. Pada tujuan membujuk, PT BPRS Magetan belum maksimal. Pada tujuan mengingatkan, PT BPRS Magetan juga masih belum maksimal. Implikasi grebeg pasarterhadap peningkatan jumlah pembiayaan pada pembiayaan mutabarok bunda sejahtera mengalami peningkatan. Tetapi ketika diukur melalui tanggapan dari para pedagang di pasar sayur magetan, khususnya para pedagang sayur masih belum maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:14
Last Modified: 13 Mar 2020 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item