Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Ferdi Putra Grosir (Jl. Raden Patah, Dsn. Jambean, Ds. Cekok, Kec. Babadan, Kab. Ponorogo)

Maqnunah, Umi Ngainul (2020) Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Ferdi Putra Grosir (Jl. Raden Patah, Dsn. Jambean, Ds. Cekok, Kec. Babadan, Kab. Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PDF UMI AINUL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Maqnunah, Umi Ngainul. 2019. Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Ferdi Putra Grosir (Jl. Raden Patah Dsn. Jambean Ds. Cekok Kec. Babadan Kab. Ponorogo). Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata kunci : Bauran Pemasaran, Minat Beli.
Suatu bisnis perdagangan dapat bertahan karena adanya daya minat pembelian yang tinggi dari konsumen. Oleh karena itu, untuk menarik minat beli konsumen, suatu bisnis perdagangan ditutuntut untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi bauran pemasaran. Penelitian ini berfokus pada bagaimana implementasi bauran pemasaran di Ferdi Putra Grosir dalam meningkatkan minat pembelian konsumen. Hal ini dikarenakan Ferdi Putra Grosir adalah salah satu bisnis perdagangan grosir yang masih tergolong baru berdiri di Kabupaten Ponorogo yang tentunya memerlukan strategi yang tepat dan melakukan beberapa inovasi untuk menarik minat beli konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi bauran pemasaran dan mengetahui kontribusi bauran pemasaran dalam meningkatkan minat beli konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan bauran pemasaran di Ferdi Putra Grosir.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penulis menganalisa data dengan cara mengimplementasikan semua data berupa gambaran dan penjelasan keseluruhan objek yang diteliti mengenai segala aspek yang ada di Ferdi Putra Grosir dengan cara menguraikan pokok bahasan yang diteliti yaitu bauran pemasaran. Penelitian dilakukan di Ferdi Putra Grosir yang berlokasi di Jl. Raden Patah Dsn. Jambean Ds. Cekok Kec. Babadan Kab. Ponorogo Jawa Timur.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa Ferdi Putra Grosir membaurkan elemen-elemen dalam pemasaran yang ditekankan pada 4P sebagai strategi dalam menghadapi persaingan. Product (Produk) di Ferdi Putra Grosir adalah barang kebutuhan sehari-hari yang hampir setiap saat dibutuhkan masyarakat dan termasuk dalam kategori produk konsumen. Price (Harga) dalam menetapkan harga Ferdi Putra Grosir menyesuaikan berapa jumlah barang yang akan diorder oleh konsumen, strategi penentuan harga yang digunakan oleh Ferdi Putra Grosir adalah pricing lining (harga lini) dan multiple unit pricing (harga rabat). Place (Saluran distribusi) dalam pendistribusian barang Ferdi Putra Grosir menerapkan saluran distribusi intensif. Promotion (Promosi) Ferdi Putra Grosir dalam melakukan kegiatan promosi menggunakan elemen-elemen seperti yang diungkapkan oleh Philip Kotler dan Gary Armstrong yang meliputi: advertising, personal selling, public relation and publicity, dan sales promotion. Implementasi bauran pemasaran secara keseluruhan telah berhasil meningkatkan minat beli konsumen Terbukti dengan bertambahnya omzet penjualan di Ferdi Putra Grosir pada bulan Januari 2019 hingga bulan Agustus 2019 meskipun pada bulan April 2019 mengalami sedikit penurunan. Bertambahnya omzet di Ferdi Putra Grosir membuktikan bahwa minat pembelian konsumennya bertambah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:03
Last Modified: 11 Mar 2020 07:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8874

Actions (login required)

View Item View Item