Upaya peningkatan kecerdasan Sosio emosional anak usia dini melalui kegiatan bermain peran di RA Muslimat Kedungpanji Lembeyan Magetan

Saida, Khaidar Laily nur (2020) Upaya peningkatan kecerdasan Sosio emosional anak usia dini melalui kegiatan bermain peran di RA Muslimat Kedungpanji Lembeyan Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN ponorogo.

[img]
Preview
Text
211115038 KHALIDA LAILY NUR SAIDA.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Saida, Khalida Laily Nur. Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosio Emosional Anak Usia Dini melalui kegiatan Bermain Peran di RA Muslimat Kedungpanji Lembeyan Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.
Kata kunci: Kecerdasan Sosio Emosional, Bermain Peran
Dunia anak usia dini ialah dunia bermain, pembelajarannya pun dikemas dalam bentuk permainan atau belajar sambil bermain. Kecerdasan Sosio Emosional Anak Usia Dini merupakan sebuah respon (negatif atau positif) dari interaksi sosial anak dengan lingkungannya. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan sosio emosional anak usia dini adalah kegiatan bermain peran. Bermain peran merupakan bentuk bermain aktif dimana anak-anak melalui perilaku dan bahasa yang jelas seolah-olah hal itu terjadi. Di kelas A1 RA Muslimat Kedungpanji Lembeyan Magetan terdapat beberapa masalah yaitu anak masih takut untuk berinteraksi dengan orang lain atau lingkungan baru, masih ingin selalu ditunggui oleh orang tuanya, tidak mau mengikuti pembelajaran secara tertib karna masih sibuk dengan dunianya sendiri, mudah marah atau kesal dengan orang lain.
Penelitian di RA Muslimat Kedungpanji Lembeyan Magetan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan profil kecerdasan sosio emosional anak usia dini (2) mengetahui langkah-langkah meningkatkan kecerdasan sosio emosional anak melalui kegiatan bermain peran (3) mengetahui hasil upaya peningkatan kecerdasan sosio emosional anak usia dini melalui kegiatan bermain peran.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik Miles Huberman dengan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data di RA Muslimat Kedungpanji Lembeyan Magetan dapat disimpulkan bahwa (1) profil kecerdasan sosio emosional anak usia dini mayoritas cukup baik dari segi kesadaran diri, rasa tanggung jawab dan perilaku prososial. (2) langkah-langkah guru dalam meningkatkan kecerdasan sosio emosional anak usia dini melalui kegiatan bermain peran yang menggunakan model pembelajaran sentra bermain peran dengan empat pijakan bermain yaitu (a) Pijakan lingkungan bermain. Guru menyiapkan kelas sentra bermain dengan membagi anak menjadi tiga kelompok dengan tugasnya masing-masing, hal ini meningkatkan antusiasme dan kesempatan bagi anak menjalin pertemanan dengan anak lain. (b) Pijakan sebelum bermain. Sebelum kegiatan bermain peran guru selalu melakukan pemanasan seperti melakukan latihan dan peraturan pada anak, hal ini agar anak mampu mengendalikan perasaanya. (c) Pijakan saat bermain. Dalam tahap tindakan dramatik dan diskusi anak berpartisipasi sesuai dengan tugasnya yang telah ditentukan, hal ini meningkatkan kepercayaan diri, kemandirian dan sikap mau berbagi, menolong dan membantu pada anak. (d) Pijakan setelah bermain. Setelah kegiatan bermain peran telah selesai guru melakukan evaluasi, yaitu dengan menanyakan permainan apa yang sudah dilaksanakan, semua indikator dapat dikembangkan disini. (3) hasil upaya peningkatan kecerdasan sosio emosional anak melalui kegiatan bermain peran secara umum meningkat dengan baik dari kesadaran diri, rasa tanggung jawab dan perilaku prososial anak berdasarkan karakteristik yang telah ditentukan. sehingga hal ini sangat bermanfaat bagi anak agar dapat berinteraksi dengan baik dilingkungan barunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:22
Last Modified: 05 Mar 2020 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8817

Actions (login required)

View Item View Item