Rusdi, Anwar (2019) Analisis Perilaku Pedagang Pasar Songgolangit Ponorogo Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
pdf library.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
pasar sebagai sekumpulan penjual dan pembeli yang melakukan transaksi atas suatu produk tertentu atau kelompok produk tertentu misalnya, pasar perumahan, pasar besar dan lain-lain. Sesuai dengan perkembangannya dikenal dengan pasar tradisional maupun pasar modern. Dalam berdagang harus memiliki etika, baik itu terhadap diri sendiri, orang lain, negara, maupun agama. Dalam hal itu Penulis menemukan fenomina para pedagang pada umumnya menawarkan barang dagangannya dengan pemaksaan serta pendekatan yang emosional, baik dengan cara nada tinggi atau memelas. Pada aspek kejujuran, masih ditemukan bahwa beberapa pedagang yang menjadi pengamatan penulis masih melakukan pendekatan kepada calon pembeli dengan mengatakan barang dagangannya paling bagus dan paling murah yang pada kenyataannya apabila ditelusuri ke area dalam pasar masih banyak ditemukan barang dagangan sejenis yang lebih bagus dan / atau lebih murah. Pembeli atau konsumen Pasar Songgolangit Ponorogo seharusnya menerima barang dalam kondisi baik dan dengan harga yang wajar. Sehubung dengan fenomina yang terjadi maka penulis merumuskan masalah pertama Bagaimana pemahaman pedagang Pasar Songgolangit Ponorogo terhadap etika berdagang dalam Islam? Kedua Bagaimana perilaku pedagang Pasar Songgolangit Ponorogo menurut perspekrif etika bisnis Islam?
Jenis Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan Pertama Para pedagang pasar tradisional Songgolangit Ponorogo dalam menjalankan aktivitas bisnis telah memahami barang-barang yang dilarang oleh agama Islam untuk diperjual belikan. Barang-barang diperjual belikan seperti bahan makanan dan pakaian tidak mengandung unsur haram. Kedua Pemahaman para pedagang pasar tradisional Songgolangit Ponorogo telah memahami prinsip kejujuran dalam menjalankan usaha harus ada, karena kejujuran merupakan kunci mencapai derajat yang lebih tinggi baik secara materi maupun di sisi Allah SWT. Para pedagang juga memahami bahwa kejujuran merupakan tonggak utama untuk menjalankan sebuah usaha supaya para konsumen tetap terus terjaga untuk bisa kembali lagi kepada pedagang tersebut, dan meningkatkan pembelian dari sebelumnya.
Kata Kunci: Perilaku, Pedagang, Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | IZA HANIFUDDIN |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 03:51 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 03:51 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8729 |
Actions (login required)
View Item |