pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pembelian makanan produksi rumahan di pondok pesantren wali songo putri ngabar ponorogo

kumala sari, fita (2019) pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pembelian makanan produksi rumahan di pondok pesantren wali songo putri ngabar ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
upload perpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sari, Fita Kumala. 2019. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pembelian Makanan Produksi Rumahan di Pondok Pesantren Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ika Rusdiana, M.A.

Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Loyalitas dan Keputusan Pembelian.

Di jaman yang modern seperti sekarang ini banyak produsen-produsen atau pengusaha yang bersaing untuk membuat suatu produk yang sesuai dengan permintaan konsumen. Harga menjadi salah satu faktor utama konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk. Harga juga berhubungan dengan kualitas produk atau jasa. Konsumen akan menjadi loyal pada produk yang berkualitas dan ditawarkan dengan harga yang wajar. Di Pondok Pesantren Wali Songo para santri lebih mengutamakan kualitas produk dibanding dengan harga. Mereka akan loyal pada suatu produk yang memiliki kualitas yang baik meskipun ditawarkan dengan harga yang tinggi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah harga mempengaruhi loyalitas pembelian makanan produksi rumahan di Pondok Pesantren Wali Songo Putri? (2) Apakah kualitas produk mempengaruhi loyalitas pembelian makanan produksi rumahan di Pondok Pesantren Wali songo Putri? (3) Apakah harga dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pembelian makanan produksi rumahan di Pondok Pesantren Wali Songo Putri?
Penelitian yang dilakukan penulis merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah santri di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo dengan jumlah 948 orang dan sampel sebanyak 90 orang dengan teknik sampling menggunakan random sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil angket yang telah diisi oleh santri yang ada di Pondok. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu: (1) Terdapat pengaruh harga terhadap loyalitas pembelian yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (2,994> 1,662) dan nilai signifikansi 0,004. (2) Terdapat pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pembelian yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (3,273> 1,662) dan nilai signifikansi 0,000. (3) Secara simultan menunjukan bahwa harga dan kualitas produk menunjukan hasil yang positif terhadap loyalitas pembelian makanan produksi rumahan yang ditunjukan dengan penghitungan uji F yaitu Fhitung> Ftabel (9,401>2,36) dan nilai signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ika rusdiana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:56
Last Modified: 04 Dec 2019 05:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8668

Actions (login required)

View Item View Item