Pengaruh Kualitas Dan Harga Ice Cream Aice Terhadap Kepuasan Konsumen Muslim Masyarakat Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri

Ma'ripah, Hidayatul (2019) Pengaruh Kualitas Dan Harga Ice Cream Aice Terhadap Kepuasan Konsumen Muslim Masyarakat Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ma’ripah, Hidayatul. 2019. Pengaruh Kualitas dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Muslim Masyarakat Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.

Kata Kunci: Kualitas harga, Kepuasan konsumen muslim.

Kepuasan merupakan tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan apa yang diterima dan harapannya. Dalam ekonomi Islam kepuasan konsumen berkaitan dengan kebutuhan, keinginan, manfaat, berkah, keyakinan dan juga kehalalan. Terdapat beberapa faktor yang dapat menentukan tingkat kepuasan konsumen dua diantaranya adalah kualitas dan harga. Konsumen akan merasa puas jika hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas. Dan akan lebih puasnya lagi apabila produk yang berkualitas sama tetapi menetapkan harga yang relatif murah karena hal tersebut memberikan nilai yang tinggi kepada konsumennya. Seperti halnya ice cream Aice, dalam rangka menguasai segmen pasar, produk ini memberikan kualitas yang sama dengan kualitas ice cream lainnya tetapi dijual dengan harga yang murah. Dengan sektor menengah kebawah ice cream ini dipasarkan hingga kepelosok desa. Di Kismantoro ice cream ini terbilang baru tetapi dalam kurun waktu satu minggu outlet di Kismantoro memperoleh pendapatan sebesar Rp. 9.360.000,00.
Untuk melihat seberapa besar pengaruh dari kedua faktor tersebut maka perlu diadakan penelitian lebih lanjut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) adakah pengaruh kualitas terhadap kepuasan konsumen muslim ice cream Aice di Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri, (2) adakah pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen muslim ice cream Aice di Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri, dan (3) adakah pengaruh harga dan kualitas ice cream Aice terhadap kepuasan konsumen muslim ice cream Aice di Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif yang bersifat non-eksperimen (ex post facto). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil angket yang telah diisi oleh konsumen ice cream Aice yang beragama Islam di Kecamatan Kismantoro sebanyak 100 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda yang dikuatkan dengan uji t, dan uji F.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) secara persial ada pengaruh antara kualitas terhadap kepuasan konsumen muslim yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,119 > 2,45 dengan signifikansi 0,000. Besarnya pengaruh adalah 21,1%. (2) secara parsial ada pengaruh antara harga terhadap kepuasan konsumen muslim yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,905 > 2,45 dengan signifikansi 0,005. Besarnya pengaruh adalah 7,9%. (3) secara simultan ada pengaruh antara kualitas dan harga terhadap kepuasan konsumen muslim yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 15,633>3,09 dengan signifikansi 0,000. Besarnya pengaruh adalah 24,4% dan sisanya 75,6% dijelaskan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2019 06:36
Last Modified: 02 Dec 2019 06:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8550

Actions (login required)

View Item View Item