implementasi metode diskusi dalam membudayakan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas x tpm.a mata pelajaran pai (penelitian kualitatif di smk negeri 1 jenangan ponorogo).

Nurjanah, Siti (2019) implementasi metode diskusi dalam membudayakan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas x tpm.a mata pelajaran pai (penelitian kualitatif di smk negeri 1 jenangan ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
REVISI BAGIAN AWAL, WATERMAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

nurjanah, siti. 2019. implementasi metode diskusi dalam membudayakan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas x tpm.a mata pelajaran pai (Penelitian Kualitatif Di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M. Nasrullah, MA.

Kata Kunci: Metode Diskusi, Keaktifan Belajar dan Prestasi Belajar

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesadaran guru terhadap tingkah laku belajar siswa yang menurun. Sehingga mendorong guru untuk merubah pola dalam melakukan proses belajar mengajar di dalam kelas.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1). Latar belakang Implementasi Metode Diskusi dalam Membudayakan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa kelas X TPM.A pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. (2). Dampak Implementasi Metode Diskusi dalam Membudayakan Keaktifan Belajar siswa kelas X TPM.A pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. (3). Hasil Dampak Implementasi Metode Diskusi dalam Membudayakan prestasi Belajar siswa kelas X TPM.A pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan Teknik observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya diperoleh melalui beberapa tahap menurut Miles and Huberman meliputi: tahap reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1). Latar belakang Implementasi Metode Diskusi dalam membudayakan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa kelas X TPM.A pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Pendidikan keagamaan sangat penting bagi siswa untuk ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dengan tujuan untuk mengimplementasikan metode diskusi dalam proses belajar. agar siswa mendapatkan ketertarikan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. (2). Dampak Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar siswa kelas X TPM.A pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Dengan adanya metode dalam penerapan pembelajaran PAI 10% siswa tidak menyukai metode diskusi dan 90% siswa menyukai metode diskusi dalam pembelajaran PAI. (3). Hasil Dampak Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan prestasi Belajar siswa kelas X TPM.A pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Dapat dikatakan baik atau berhasil karena telah membudayakan metode diskusi dalam proses belajar di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nasrullah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2019 02:46
Last Modified: 02 Dec 2019 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8511

Actions (login required)

View Item View Item