Fadila, Gustina Rizki (2019) Kinerja Pengurus Bidang Pendidikan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Soboguno). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
Gustina Rizki Fadila.pdf.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Upaya yang dilakukan dalam menciptakan kondisi pondok pesantren yang kondusif, aman, dan tertib, maka setiap pondok pesantren memiliki peraturan atau tata tertib untuk mengatur segala kegiatan yang ada di pondok. Bagi yang melanggar akan mendapatkan sanksi dari pihak pengurus. Hal tersebut dilakukan untuk mendisiplinkan santri. Namun kenyataan yang terjadi di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’in Soboguno Ponorogo walaupun sudah terdapat peraturan dan sanksi masih terdapat santri yang melanggar peraturan tersebut.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi Pondok Pesantren dalam meningkatkan kedisiplinan santri, (2) Untuk mengetahui kinerja pengurus bidang pendidikan dalam meningkatkan kedisiplinan santri di pondok pesantren hidayatul mubtadi’in soboguno, (3) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kinerja pengurus bidang pendidikan dalam meningkatkan kedisiplinan santri di pondok pesantren hidayatul mubtadi’in soboguno.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisisnya melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini, adalah: (1) strategi pondok pesantren meningkatkan kedisiplinan dengan membuat aturan-aturan atau tata tertib yang harus ditaati oleh seluruh santri, selain itu dalam membuat peraturan atau tata tertib di Pondok Pesantren Soboguno sangat mempertimbangkan dari perilaku santri dengan melakukan rapat dengan seluruh pengurus Pondok Pesantren Soboguno. (2) Kinerja pengurus bidang pendidikan dalam meningkatkan kedisiplinan santri dengan menindak lanjuti kembali peraturan-peraturan guna mendisiplinkan santri dan menambah hafalan bacaan doa yaitu seperti, menghafal surat Al-Waqi’ah, Yassin, Juz 30, dan juga menghafal bacaan tahlil beserta do’anya. (3) faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan santri di pondok pesantren hidayatul mubtadi’in soboguno yaitu, dari faktor penghambatnya kurangnya kesadaran diri pada santri, ekonomi keluarga yang rendah, kinerja pengurus yang kurang optimal, sedangkan faktor pendukung yaitu, keterlibatan seorang kyai pada setiap kegiatan dan sarana prasarana yang lengkap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | HARJALI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 01:26 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 01:26 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8476 |
Actions (login required)
View Item |