Pengaruh E-Learning dan Media Cetak sebagai Sumber Belajar terhadap Keaktifan Siswa Kelas X MM pada Mata Pelajaran PAI di SMKN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019.

Mustikasari, Diah Permatakrisna (2019) Pengaruh E-Learning dan Media Cetak sebagai Sumber Belajar terhadap Keaktifan Siswa Kelas X MM pada Mata Pelajaran PAI di SMKN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mustikasari, Diah Permatakrisna. 2019. Pengaruh E-Learning dan Media Cetak sebagai Sumber Belajar terhadap Keaktifan Siswa Kelas X MM pada Mata Pelajaran PAI di SMKN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.Harjali, M.Pd.
Kata Kunci: E-learning, Media Cetak, Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran PAI
Dalam proses pembelajaran peserta didik dituntut untuk aktif, penilaian proses pembelajaran dapat dilihat dari sejauh mana keaktifan dan partisipasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Pembelajaran aktif diharapkan siswa dapat berpikir, berinteraksi, berbuat untuk mencoba, menemukan konsep baru atau menghasilkan karya. Menumbuhkan keaktifan tersebut harus didukung oleh sumber belajar, media dan sarana prasarana yang menunjang. Pada era pendidikan saat ini peserta didik berlatih untuk mandiri dan aktif, sehingga tidak menutup kemungkinan peserta didik belajar dengan menggunakan sumber belajar seperti e-learning ataupun media cetak seperti buku paket, LKS ataupun buku penunjang lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan e-learning terhadap keaktifan siswa kelas X MM SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. (2) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media cetak terhadap keaktifan siswa kelas X MM SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. (3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara e-learning dan media cetak terhadap keaktifan siswa kelas X MM SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif yaitu Expost Facto, dengan jumlah sampel 70 responden dan dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan simple jenuh. Serta menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Adanya pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan e-learning terhadap keaktifan siswa mata pelajaran PAI dimana diperoleh nilai Fhitung (6,218) ≥ Ftabel (3,98), sehingga Ho ditolak/Ha diterima. Hal ini berarti pemanfaatan e-learning mempunyai pengaruh terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 8%. (2) Adanya pengaruh yang signifikan antara media cetak terhadap keaktifan siswa mata pelajaran PAI dimana diperoleh nilai Fhitung (4,062) ≥ Ftabel (3,98), sehingga Ho ditolak/Ha diterima. Hal ini berarti media cetak mempunyai pengaruh terhadap keaktifan siswa mata pelajaran PAI sebesar 5,6%. (3) Adanya pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan e-learning dan media cetak terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI dimana diperoleh nilai Fhitung (4,744) ≥ Ftabel (3,98), sehingga Ho ditolak/Ha diterima. Hal ini berarti pemanfaatan e-learning dan media cetak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 12,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2019 02:28
Last Modified: 02 Dec 2019 06:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8473

Actions (login required)

View Item View Item