Pengaruh Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Olivia Laundry (Studi Kasus Pada Pelanggan Olivia Laundry Ds. Keniten, Kab. Ponorogo)

Fauzi, Dyas Usmul (2019) Pengaruh Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Olivia Laundry (Studi Kasus Pada Pelanggan Olivia Laundry Ds. Keniten, Kab. Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dyas-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dyas Usmul Fauzi, 2019. Pengaruh Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Olivia Laundry (Studi Kasus Pada Pelanggan Olivia Laundry Ds. Keniten, Kab. Ponorogo. Jurusan Ekonomi Syariah, FEBI, IAIN Ponorogo. Progam Sarjana S-1. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata Kunci: Promosi, Lokasi, dan Kepuasan Pelanggan
Kepuasan pelanggan merupakan suatu tingkatan dimana kebutuhan, keinginan, dan harapan dari pelanggan dapat terpenuhi yang akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut dan semakin merasa puas. Dalam proses kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya promosi dan lokasi. Promosi merupakan usaha pemasaran yang memberikan berbagai upaya intensif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa. Lokasi adalah tempat yang dipandang strategis untuk usaha yang ditinjau dari jarak, dan tingkat kemudahan transportasi. Dalam hal promosi pihak Olivia Laundry sudah memberikan promosi yang baik dan modern, selain itu dalam pemilihan lokasi sudah strategis dan mudah dijangkau. Namun meskipun demikian pelanggan Olivia Laundry mengalami penurunan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa Olivia Laundry Ponorogo?, (2) Apakah lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa Olivia Laundry Ponorogo?, (3) Apakah promosi dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada jasa Olivia Laundry Ponorogo?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh promosi dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner.pada variabel bebas yaitu promosi dan lokasi dan variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan pada Olivia Laundry Ponorogo. Metode pegolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode sampling aksidental.
Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan variabel promosi dan lokasi dengan signifikan memberikan kontribusi yang besar terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hasil R square ditemukan bahwa pengaruh promosi dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan dapat dijelaskan sebesar 29,5%, sedangkan sisanya 70,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2019 02:32
Last Modified: 28 Nov 2019 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8465

Actions (login required)

View Item View Item