Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Guru (Studi Pada Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo)

Masruroh, Eny (2019) Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Guru (Studi Pada Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ENY tesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Masruroh, Eny. 2019. Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Guru (Studi pada Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar). Tesis, Pascasarjana, Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Ponorogo, Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag.

Kata Kunci: Manajemen Pembiayaan, Kualitas Guru
Biaya dan kualitas guru merupakan faktor penting bagi terselenggaranya proses pendidikan. Suatu program dapat terlaksana dibutuhkan input (biaya) sehingga dapat melahirkan output yang baik (guru yang berkualitas). Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara PP Wali Songo Ngabar memiliki program-program yang bagus dalam meningkatkan kualitas guru dan lembaga tersebut berani mengeluarkan biaya tidak sedikit untuk program-program tersebut sehingga dapat berjalan dengan lancar. Untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti manajemen pembiayaan pendidikan yang dilakukan oleh lembaga tersebut dengan melihat sistem perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta program peningkatan kualitas guru.
Penelitian ini berkaitan dengan manajemen pembiayaan pendidikan yang berorientasi kepada peningkatan kualitas guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kualitas guru di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kualitas guru, dilembaga tersebut meliputi penentuan rencanan anggaran, menentukan sumber dana, dan penyusunan serta pengesahan rancangan anggaran pendapatan dan belanja (RAPB). Adapun Program peningkatan kualitas guru yang dilakukan diantaranya memperhatikan penyeleksian penerimaan guru, melakukan beberapa program pengembangan guru dan meningkatkan kesejahteraan guru. (2) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kualitas guru, meliputi dua kegiatan yaitu penerimaan dana dan pengeluaran dana. Jenis pembukuan yang digunakan yaitu buku kas umum. (3) Evaluasi pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kualitas guru terdapat dua bentuk, evaluasi internal dan evaluasi eksternal. Evaluasi internal dilakukan oleh yayasan yang meliputi evaluasi bulanan dan tahunan, sedangkan evaluasi eksternal dilakukan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:44
Last Modified: 27 Nov 2019 04:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8444

Actions (login required)

View Item View Item