upaya madrasah dalam meningkatkan kualitas lulusan melalui ujian praktik ibadah amaliyah di ma darul huda mayak

ningsih, hesti rahayu (2019) upaya madrasah dalam meningkatkan kualitas lulusan melalui ujian praktik ibadah amaliyah di ma darul huda mayak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210314131 HESTI RAHAYU NINGSIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahayu Ningsih, Hesti. 2019. Upaya Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Melalui Ujian Praktik Ibadah Amaliyah di MA Darul Huda Mayak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Iswahyudi, M.Ag

Kata Kunci: Kualitas Pendidikan, Ujian Praktik (Penilain), Ibadah Amaliyah

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. pendidikan yang bermutu atau berkualitas adalah pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan atau kompetensi, baik kompetensi akademik maupun kompetensi kejuruan, yang dilandasi oleh kompetensi personal dan sosial, serta nilai-nilai akhlak mulia, yang keseluruhannya merupakan kecakapan hidup (life skill). Ibadah amaliyah adalah segala apa yang berhubungan dengan tata cara amal, seperti hafalan doa-doa harian. Ibadah amaliyah tidak hanya berupa hafalan tapi ada juga praktik seperti praktik shalat, praktik wudhu, praktik tayamum dan lain sebagainya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan ujian praktik ibadah amaliyah di MA Darul Huda Mayak, (2) untuk mengetahui materi yang digunakan dalam ujian praktik ibadah amaliyah di MA Darul Huda Mayak, (3) untuk mengetahui peran ujian praktik ibadah amaliyah terhadap peningkatan kualitas lulusan di MA Darul Huda Mayak.
Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Pelaskanaan ujian praktik ibadah amaliyah di MA Darul Huda Mayak adalah peserta didik maju ke depan penguji untuk menyetorkan hafalan serta mempraktikkannya seperti metode sorogan, kemudian penguji mengamati aktifitas peserta didik serta memberikan penilaian. Untuk waktu pelaksanaannya menyesuaikan dari pihak, kemudian untuk penilaian menggunakan instrument skala penilaian (rating scale) dan kartu hijau. Sedangkan evaluasi paling lambat dilaksanakan satu hari setelah ujian praktik selesai. (2) materi yang digunakan dalam ujian praktik ibadah amaliyah di MA Darul Huda Mayak adalah dikelompokkan menjadi tiga tingkatan dan setiap tingkatan materinya berbeda-beda, materi kelas X, kelas XI, dan kelas XII. Semua meteri disusun dalam buku panduan ujian praktik untuk mempermudah peseta didik. (3) peran ujian praktik ibadah amaliyah terhadap peningkatan kualitas lulusan di MA Darul Huda Mayak adalah mencakup tiga aspek, aspek kognitif (ilmu), afektif (sikap/iman), dan psikomotorik (amal).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: iswahyudi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2019 05:04
Last Modified: 27 Nov 2019 05:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8434

Actions (login required)

View Item View Item