Pemberdayaan Perpustakaan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo Tahun Pelajaran 2014/2015

Usnul, Chotimah (2014) Pemberdayaan Perpustakaan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img] Text
15PGMI usnul chotimah.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)

Abstract

Di SD Negeri 2 Tonatan ditemukan bahwa perpustakaan sekolah yang cukup memadai sebagai sarana danfasilitasbelajarsiswamasih minim pemanfaatannya, yaknisekitar 31% dariseluruhsiswa. Bahkandenganadanyagedungperpustakaan yang tersendiridan yang dilengkapidenganberbagaifasilitas yang cukupmemadai, akantetapipemanfaatanperpustakaansebagaisumberbelajarmasih minim. Salah satunya dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia, hanya sebagaian guru yang memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.
Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah: 1) bagaimana sistem pelayanan perpustakaan di SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015 dan 2) bagaimana pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi,data reduction, data display dan conclusion.
Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan:1)Sistem pelayanan perpustakaan yang ada di SD Negeri 2 Tonatan meliputi; (a) pengadaan bahan pustaka, yang diperoleh melalui bantuan pemerintah, membeli, tukar menukar, hadiah maupun pinjam. (b) pencatatan atau iventarisasi bahan pustaka, yang meliputi klasifikasi, katalogisasi, dan penyampulan. Bahan pustaka yang sudah diiventarisasi kemudian, diberi penanggalan buku, penyetempelan, dan yang terakhir baru ditata di rak-rak buku. (c) kegiatan pelayanan yang meliputi, peminjaman dan pengembalian buku, pemberian sanksi kepada para peminjam buku yang melangggar aturan, dan statistik sirkulasi. (d) kegiatan pelaporan yang meliputi, pertanggungjawaban pengembangan perpustakaan, baik laporan berisi penambahan jumlah koleksi bahan pustaka yang disesuaikan dengan kebutuhan, rekapitulasi sirkulasi, sarana yang ada di perpustakaan, dan mengenai hambatan-hambatan yang dihadapi dalam penyelenggaraan perpustakaan. 2) Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Tonatan sudah dilaksanakan, akan tetapi dalam pelaksanaannya belum terlaksana dengan baik. Pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan pokok bahasan membaca dan menulis, beberapa guru memberikan tugas kepada siswa untuk belajar di perpustakaan dengan cara meminjam buku-buku yang ada di dalam perpustakaan, baik tugas individual maupun kelompok. Akan tetapi, dalam memanfaatkan buku-buku tersebut guru tidak mewajibkan setiap siswa untuk meminjam buku, sehingga pemanfaatan bahan pustaka sebagai sumber belajar belum dimanfaatkan dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: (1) Drs. Moh. Mukhlas,M.Pd.(2) Ahmad Syaikhudin, M.Pd
Subjects: ?? 370 ??
Divisions: ?? pro_pgmi ??
Depositing User: m. dhofar
Date Deposited: 30 Jun 2015 07:31
Last Modified: 30 Jun 2015 07:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item View Item