Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Robbani Cendekia kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019

Ma'arif, Samsul (2018) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Robbani Cendekia kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan yang terjadi terhadap siswa-siswi SDIT Robbani Cendekia kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo. Di mana dalam kegiatan pembelajaran di kelas V pada mata pelajaran matematika sebagian siswa tidak memberikan hasil yang memuaskan dalam mencapai tingkat penguasaan materi. Sebagian siswa juga mendapatkan nilai yang masih di bawah KKM pada saat Ulangan Harian.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SDIT Robbani Cendekia kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019 (2) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SDIT Robbani Cendekia kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019 (3) untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SDIT Robbani Cendekia kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisa data menggunakan regresi linier sederhana dan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDIT Robbani Cendekia kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik sampel jenuh, sehingga seluruh siswa kelas V di SDIT Robbani Cendekia kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo yang berjumlah 33 siswa diambil sebagai sampel. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matemtika di SDIT Robbani Cendekia kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 85,93555979% (2) Terdapat pengaruh antara kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SDIT Robbani Cendekia tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 60,58243099% (3)Terdapat pengaruh antara tingkat pendidikan orang tua dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDIT Robbani Cendekia kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019 sebesar 86,38601111%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:09
Last Modified: 18 Nov 2019 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8350

Actions (login required)

View Item View Item