Kompetensi Guru Yang Terkandung dalam Surat Al-Qalam Ayat 1-4 dan Relevansinya dengan Peningkatan Profesionalitas Guru

Nurohim, Wahyu (2019) Kompetensi Guru Yang Terkandung dalam Surat Al-Qalam Ayat 1-4 dan Relevansinya dengan Peningkatan Profesionalitas Guru. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Wahyu Nurohim_Kompetensi Guru yang Terkandung dalam Surat Al Qolam ayat 1-4dan relevansinya dalam Peningkatan Profesionalitas Guru.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurohim, Wahyu. 2019. Kompetensi Guru yang Terkandung dalam Surat Al-Qalam Ayat 1-4 dan Kontribusinya dalam Peningkatan Profeisionalitas Guru (kajian tafsir Al-Mishbah). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M. Ag,.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Surat Al-Qalam Ayat 1-4, dan Profesionalitas Guru
Kompetensi guru merupakan kemampuan guru untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilannya dalam melaksanakan kewajiban pembelajaran secara profesional dan bertanggung jawab. Guru sebagai tenaga professional berperan dalam melakanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi siswa agar menjadi siswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Berbicara mengenai tentang guru profesional maka tidak lepas dari sosok keteladanan dalam Al-Qur’an, yang salah satunya terdapat dalam surat Al-Qalam ayat 1-4. Untuk itu, penulis tertarik untuk menelaah lebih lanjut tentang konsep kompetensi guru yang terkandung dalam surat Al-qalam ayat 1-4.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk menjelaskan kompetensi guru yang terkandung dalam surat al-qalam ayat 1-4 dan 2. Untuk menjelaskan relevansi kompetensi Guru dalam surat al-qalam ayat 1-4 dengan peningkatan profesionalitas guru.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakan (Library Research), dengan sumber data kitab tafsir Al-mishbah, dan tafsir Al-Azhar. Pengumpulan data dengan pengumpulan data linier. Adapun teknik analisis pengumpulan data yang di gunakan adalah analisis isi (Analisis content).
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa, 1. Guru harus Menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri maupun kepentingan pembelajaran, 2. Sehat jasmani dan rohani 3. Memiliki budi pekerti yang baik. Yang dimana dalam Peraturan Menteri Agama RI No 16 Tahun 2010 tentang pengelolaan pendidikan agama pada sekolah yang terdapat pada pasal 16 ada 5 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik, meliputi: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi kepemimpinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: A. Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2019 06:54
Last Modified: 15 Nov 2019 06:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8332

Actions (login required)

View Item View Item