Adab Guru Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Al Adab Fi Al Din

Sumono, Sumono (2019) Adab Guru Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Al Adab Fi Al Din. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi_uploud.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sumono. 2019. Adab Guru Menurut Imam Al-Ghazali dalam Kitab Al-Adab Fi Al-Din. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Nur Kholis, M.Ag.

Kata Kunci : kitab al-A dab Fi al-Din, adab guru.

Banyak tokoh Islam yang memiliki kepedulian dan mengkontribusikan pemikirannya mengenai kegiatan belajar dan pembelajaran, antara lain adalah Imam al-Ghazali. Diantara kitab karangan beliau yang fenomenal adalah kitab Ihya Ulumuddin. Selain itu, kitab karangan beliau yang merupakan kelanjutan dari kitab Ihya’ Ulumuddin adalah Kitab al-Adab Fi al-Din. Kitab al-Adab Fi al-Din memuat penjelasan tentang adab atau budi pekerti dalam menjalani kehidupan sehari-hari untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt dan memperoleh Ridho-Nya. Salah satu adab yang termaktub dalam kitab al-Adab Fi al-Din adalah adab seorang guru dan peserta didik yang sangat berpengaruh dalam menata nilai moral pada perilaku anak didik (peserta didik) maupun guru khususnya dan pendidikan Islam di Indonesia pada umumnya.
Jenis penelitian yang penulis lakukan termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research), dapat pula disebut dengan istilah studi pustaka yaitu serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Teknik yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), dengan menguraikan serta menganalisis dan memberikan pemahaman atas teks-teks yang dideskripsikan. Metode content analysis dipakai untuk mendapat keterangan dari sisi komunikasi, yang ditampilkan dalam bentuk lambang yang terdokumentasi atau didokumentasikan, baik dalam bentuk artikel, jurnal, buku, maupun karya-karya Imam al-Ghazali.
Dari penelitian yang penulis lakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Adab guru yang ideal menurut al-Ghazali diorientasikan pada adanya pengoptimalan dalam bentuk proses pendidikan atau belajar-mengajar yaitu guru harus memiliki sifat tawadhu’, mengedepankan sikap tidak menyombongkan diri, guru harus menjadi sosok yang patut diikuti dan diteladani, guru harus memiliki motivasi yang tinggi dalam pengajaran, dapat mempertimbangkan kemampuan intelektual muridnya, mampu menggali potensi murid dan penuh kasih sayang. (2) Relevansi Adab Guru dalam Kitab al-Adab Fi al-Din dikaitkan dengan konteks pendidikan saat ini adalah, pemikiran al-Ghazali berusaha membuat dasar bangunan masyarakat moral religius melalui pembinaan moral dengan membiasakan penanaman nilai dan akhlak dalam kegiatan belajar mengajar. Sosok guru yang ideal adalah guru yang memiliki motivasi mengajar dengan ikhlas, tawadhu’, bertindak sebagai orang tua yang penuh kasih sayang kepada anaknya, dapat mengetahui karakteristik kemampuan anak didiknya, mampu menggali kemampuan yang dimiliki siswa, dapat bekerja sama dengan siswa dalam memecahkan masalah dan mencegah murid agar tidak berbuat menyimpang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2019 03:25
Last Modified: 18 Nov 2019 02:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8328

Actions (login required)

View Item View Item