Kewirausahaan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Ponorogo Untuk Meningkatkan Brand Mark Adiwiyata

Fatoni, Ahmad Masrur (2019) Kewirausahaan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Ponorogo Untuk Meningkatkan Brand Mark Adiwiyata. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ahmad Masrur Fatoni (212217052).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fatoni, Ahmad Masrur. Kewirausahaan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Ponorogo untuk Meningkatkan Brand Mark Adiwiyata.. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmadi, M.Ag.
Kata kunci: Kewirausahaan, Kepala Madrasah, Brand Mark Adiwiyata
Pada saat ini banyak bermunculan sekolah/madrasah yang baik dan lebih kompetitif dalam dalam pembelajaran dan merebut hati masyarakat. Widodo adalah kepala madrasah yang hebat berwirausaha dan berintegritas. Kewirausahaan adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang pengembangan dan pembangunan semangat kreativitas serta berani menanggung resiko terhadap pekerjaan yang dilakukan demi mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan. Kewirausahaan adalah salah satu kompetensi yang wajib dipenuhi sebagai kepala madrasah selain kompetensi manajerial, Supervisi, Sosial, dan Kepribadian. Brand marks are visual images, elements of syimbols used to identify a brand and contribute to building and maintaining its image. Tanda merek adalah gambar visual, elemen/simbul, yang digunakan untuk mengidentifikasi merek dan berkontribusi untuk membangun dan mempertahankan citranya.
Penelitian ini dilakukan untuk 1. Mendiskripsikan strategi kewirausahaan kepala madrasah untuk mendapatkan brand mark adiwiyata. 2. Mendiskripsikan implikasi kewirausahaan untuk mendapatkan brand mark adiwiyata. Sedangkan Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi kewirausahaan kepala madrasah untuk mendapatkan brand mark adiwiyata. Dan bagaimana implikasi kewirausahaan untuk mendapatkan brand mark di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan dan pengecekan data dengan menggunakan teknik triangulasi atau gabungan analisis data bersifat induktif/ kualitatif dan hasil dari penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi: Reduksi data, Menyajikan data, dan menarik kesimpulan/ ferifikasi.
Adapun temuan penelitian menunjukkan bahwa: Strategi kewirausahaan Kepala MIN 1 Ponorogo adalah memadukan kebijakan, peluang, kurikulum, kegiatan, pengelolaan, keuangan, dan kepribadian. Kepribadian disini meliputi kepercayaan diri (self confidence), kreatifitas diri (self creativity), pikiran positif (Positive Thinking), berorientasi pada hasil (Output oriented), keberanian untuk mengambil resiko, berjiwa pemimpin, berpikiran orisinil, berorientasi ke depan. Adapun model-model implikasi kewirausahaan yang diterapkan di MIN 1 Ponorogo pada saat ini adalah Madrasah adiwiyata, Angkutan Madrasah, Usaha Kantin, Safari Ramadhan, outdoor study, dan pengadaan buku yang berimplikasi terhadap perkembangan sekolah/madrasah sehingga jumlah siswa semakin banyak, dan prestasi yang tinggi semakin meningkatkan Brand Mark Adiwiyata.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2019 08:46
Last Modified: 12 Nov 2019 08:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8306

Actions (login required)

View Item View Item