Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Menabung Di Bri Syariah Kc Madiun

LUZUMI, GITA RIZQI (2019) Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Menabung Di Bri Syariah Kc Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
GITA RIZQI LUZUMI (210815106).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Luzumi, Gita Rizqi. 2019. “Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Menabung di BRI Syariah KC Madiun” Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dwi Setya Nugrahini, M.Pd.

Kata Kunci: Bank Syariah, Jasa, Kebutuhan

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh masalah ATM pada BRI Syariah KC Madiun juga masih sedikit jika dibandingkan dengan bank-bank konvensional lainnya, sehingga masih banyak masyarakat yang tak mau menggunakan produk-produknya. Aplikasi BRIS Online yang sering bermasalah yakni proses masuk ke aplikasi lambat (error), sehingga nasabah harus datang ke BRI Syariah KC Madiun langsung. Secara umum produk perlu dipromosikan, menurut nasabah BRI Syariah KC Madiun promosi yang dilakukan ke calon nasabah atau nasabah hanya menyebarkan brosur-brosur tanpa penjelasan yang cukup dari pihak BRI Syariah KC Madiun dan pihak BRI Syariah KC Madiun mempromosikan secara lisan tanpa ada brosur.
Rumusan masalah dari skripsi ini adalah: 1)apakah produk berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih menabung di BRI Syariah KC Madiun 2)apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih menabung di BRI Syariah KC Madiun 3)apakah produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih menabung di BRI Syariah KC Madiun.
Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner kepada nasabah yang memiliki tabungan di Bank BRI Syariah KC Madiun. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden, data yang diambil kemudian diolah dengan menggunakan software spss version 21.0. Analisis penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda yang meliputi uji t, uji F dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah memilih menabung di Bank BRI Syariah KC Madiun. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengujian produk terhadap keputusan nasabah memilih menabung di Bank BRI Syariah KC Madiun menghasilkan nilai signifikansi uji t sebesar 0,036 lebih kecil dari 0,05. 2)Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah memilih menabung di Bank BRI Syariah KC Madiun. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengujian promosi terhadap keputusan nasabah memilih menabung di Bank BRI Syariah KC Madiun menghasilkan nilai signifikansi uji t sebesar 0,018 lebih kecil dari 0,05. 3)Berdasarkan uji F diperoleh nilai signifikansi 0,005 lebih kecil dari 0,05, variabel produk dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel keputusan nasabah memilih menabung di Bank BRI Syariah KC Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2019 01:36
Last Modified: 11 Nov 2019 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8270

Actions (login required)

View Item View Item