Kompetensi Pedagogik Guru Paud Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Ra Muslimat Nu 034 Surodikraman Ponorogo)

Ranikasari, Sohha Rofia (2019) Kompetensi Pedagogik Guru Paud Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Ra Muslimat Nu 034 Surodikraman Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211115023 SOHHA ROFIA R.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi merupakan kumpulan pengetahuan,
perilaku dan keterampilan yang harus dimiliki guru untuk
mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan yang salah
satunya adalah evaluasi pembelajaran. Di RA muslimat NU
034 Surodikraman Ponorogo guru melakukan evaluasi
pembelajaran belum sesuai dengan prosedurnya. Walaupun
para guru melakuakn evaluasi tetapi mereka tidak memakai
pedoman yang sudah ditetapkan melainkan dengan mengira￾ngira saja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui guru
menyusun alat penilaian dalam mengevaluasi Pembelajaran
Anak Usia Dini di RA Muslimat NU 034 Surodikraman
Ponorogo, mengetahui guru melaksanakan penilaian dalam
mengevaluasi pembelajaran anak usia dini di RA Muslimat
NU 034 Surodikraman Ponorogo, untuk mengetahui guru
menganalisis hasil penilaian dalam mengevaluasi
pembelajaran anak usia dini di RA Muslimat 034
Surodikraman ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentsi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang dikemukakan oleh
Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, data
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah bahwa guru PAUD dalam
mengevaluasi pembelajaran anak usia dini di RA Muslimat
NU 034 Surodikraman Ponorogo telah melakuakn lima
tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap
pengolahan hasil belajar, tahap pengarsipan, dan tahap
pelaporan. Dalam perencanaan RA Muslimat membuat
RPPH terlebih dahulu, menetapkan alat dan kriteria
penilaian, dn menentukan indicator pencapaian anak dengan
waktu dan tempat yang tepat. Dalam pelaksanaan, penilaian
yang dilaksanakan di RA Muslimat NU 034 Surodikraman
Ponorogo dilaksanakan berdasarkan deskripsi pertumbuhan
dan perkembangan anak, melalui beberapa metode yaitu
observasi, wawancara, berbagai penugasan, dan unjuk kerja.
Pengolahan hasil belajar yang dilakukan dengan
menggabungkan semua data yang diperoleh lalu melakukan
pengarsipan yang merupakan kumpulan dari hasil
penggabungan data anak yang berupa fortofolio untuk
dilaporkan ke orang tua anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Nov 2019 01:29
Last Modified: 11 Nov 2019 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8267

Actions (login required)

View Item View Item